Kunjungi Ponorogo, Wapres Ma’ruf Amin Dorong Sektor Pertanian dan UMKM go Internasional

Kunjungi Ponorogo, Wapres Ma’ruf Amin Dorong Sektor Pertanian dan UMKM go Internasional

30/03/2022 0 By Wahyudi

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Ponorogo.
Antara lain melakukan panen perdana pisang cavendish di Pulung, meninjau produk UMKM dan berkunjung ke Pondok Pesantren Wali songo Ngabar.

Saat panen pisang cavendish, Wapres Ma’ruf Amin menyebutkan bahwa pola kemitraan disektor pertanian terbukti meningkatkan pendapatan masyarakat. Salah satu contoh konsep Creating Share Value (CSV), perusahaan menjadi mitra usaha petani pisang, terbukti bisa meningkatkan pendapatan masyarakat di Kabupaten Tanggamus Lampung hingga 4,1 juta per hektar per program.

Wapres Indonesia Ponorogo

Melalui kemitraan dengan perusahaan, petani memperoleh keuntungan bisa
mengatasi masalah pembiayaan, meningkatkan kualitas produk dan menperluas akses pasar. Sementara perusahaan mendapatkan bahan baku yang bagus dan berkualitas.

“Keberhasilan model pemberdayaan ekonomi sektor pertanian harus terus dikembangkan di Ponorogo, agar produk pertanian Indonesia bisa memdunia,” sebut Ma’ruf Amin, Wapres Indonesia, Rabu, (30/3/2022).

Wapres Indonesia Ponorogo

Seperti sekarang melalui pisang Cavendish, tetap tinggal di desa tetapi rejeki kota, bisa
berjualan ke Singapura, Timur Tengah, Cina dan sebagainya.

Wapres Ma’ruf Amin juga menyampaikan akan memfasilitasi proses penjualan produk UMKM Ponorogo yang selama ini terkendala pemasaran, Ia berpesan untuk terus meningkatkan kwalitas produknya.

Kang Giri, Bupati Ponorogo mengatakan kunjungan Wakil presiden ini merupakan suatu kehormatan dan motivasi bagi petani pisang hingga pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitasnya.

“Beliau juga memberikan masukan agar UMKM di Ponorogo terus dikembangkan,” tambahnya.

Sementara itu
Suprapto Ketua UMKM Ponorogo menuturkan bahwa Wapres Ma’ruf Amin tak hanya melihat-lihat tetapi juga memborong berbagai produk lokal Ponorogo yang dipamerkan mulai dari batik khas Ponorogo, tas anyaman hingga produk olahan makanan khas Ponorogo.

Wapres Indonesia Ponorogo

Kedatangan Wapres berkah bagi kami, beliau memborong berbagai produk lokal Ponorogo yang dipamerkan, serta memotivasi kamu untuk terus berkembang.

“Alhamdulillah, beliau siap membantu pemasaran produk UMKM Ponorogo yang selama ini terkendala,” pungkas Suprapto ketua UMKM Ponorogo pada kunjungan Wapres Ma’ruf Amin tersebut. (*)