Wabup Lisdyarita Panen Perdana Kacang Bintang di Cepoko Ngrayun Ponorogo

Wabup Lisdyarita Panen Perdana Kacang Bintang di Cepoko Ngrayun Ponorogo

28/08/2022 0 By Wahyudi

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Komoditas pertanian yang dikembangkan di Kabupaten Ponorogo semakin beragam. Salah satu komoditas baru yang mempunyai prospek cerah dikembangkan di Desa Cepoko Ngrayun yakni kacang sacha inchi atau kacang bintang. Saat ini sudah masa panen, Wabup Lisdyarita Panen perdana komoditas tersebut bersama para petani.

Wabup Ponorogo Kacamg Bintang Cepoko Ngrayun

Panen perdana dilakukan oleh petani yang tergabung dalam Pokmas Kacang Bintang yang menjalin kerjasama kemitraan dengan PT Sacha Inchi Sejahtera.

Diungkapkan oleh direktur PT Sacha Inchi Sejahtera, Sutikno tanaman ini sangat mudah dikembangkan karena termasuk tanaman liar sehingga tidak perlu perawatan khusus, juga tahan hama dan cuaca ekstrim.

Wabup Ponorogo Kacamg Bintang Cepoko Ngrayun

“Keunggulan Kacang Bintang bisa ditanam dilahan sendiri atau tumpang sari, dengan masa tanam cukup singkat 6 – 7 bulan bisa dipanen dan masa panen sampai usia 20 tahun,” kata Sutikno, Direktur PT Sacha Inchi Sejahtera, Minggu, (28/8/2022).

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan dari segi ekonomis Kacang Bintang menguntungkan punya nilai jual tinggi, pangsa pasar terbuka lebar.

Wabup Ponorogo Kacamg Bintang Cepoko Ngrayun

Sementara itu Lisdyarita Wabup Ponorogo menyambut baik dikembangkannya komuditas kacang bintang di Ponorogo. Namun ia berharap mitra petani dapat memberikan jaminan harga yang stabil tidak anjlok.

“Kacang bintang yang dikembangkan di Cepoko Ngrayun ini, memang memiliki berbagai keunggulan memang prospek cukup menjanjikan, “Harapan saya, harga jualnya tetap stabil jangan seperti porang, petani khawatir dengan naik turunnya harga,” pungkas Lisdyarita, Wabup Ponorogo. (*)