Ada ADM, Masyarakat Ponorogo Bisa Cetak Sendiri Dokumen Admisintrasi Kependudukan

Ada ADM, Masyarakat Ponorogo Bisa Cetak Sendiri Dokumen Admisintrasi Kependudukan

06/02/2023 0 By Hary Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Bupati Ponorogo Kang Giri terus meningkatkan terobosan pelayanan publik, kini masyarakat bisa mencetak sendiri dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

ADM diresmikan langsung oleh Kang Giri Bupati Ponorogo di Kantor Disdukcapil, dokumen adminduk yang yang bisa dicetak berupa KTP elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga, Akta Kelahiran.

ADM yang berbentuk mirip ATM ini dihimbau untuk disosialisasikan terkait pemanfaatannya kepada masyarakat Ponorogo.

“Supaya masyarakat memanfaatkannya dan memakami penggunaanya,” kata Kang Giri Bupati Ponorogo. Senin, (6/2/2023).

Ia berharap, dengan adanya mesin yang diinisiasi oleh Disdukcapil Ponorogo tersebut guba menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dengan didukung teknologi untuk memudahkan dan meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat bisa terpenuhi.

“Sekarang sudah memasuki era digital, semuanya akan didigitalisasi, sehingga dokumen-dokumen tidak bisa dipalsukan,” tambahnya.

Sementara Heri Sutrisno, Kepala Disdukcapil Ponorogo menambahkan, bahwa mesin ADM ini sementara hanya ada di Kantor Disdukcapil Ponorogo.

Ia menjelaskan bagi masyarakat sebelum mencetak Adminduk secara mandiri terlebih dahulu mengajukan permohonan pelayanan melalui laman Disdukcapil Ponorogo.

“Setelah itu masyarakat bisa mendatangi ADM dan mencetak dokumen Adminduk yang dikehendaki,” jelasnya.

Disdukcapil Ponorogo akan terus berupaya menciptakan terobosan untuk memberi kemudahan kepada masyarakat mengurus dokumen kependudukan.

“Muaranya adalah peningkatan pelayanan di Disdukcapil. Kami akan terus kembangkan dengan menciptakan terobosan baru untuk peningkatan pelayanan itu,” Tandas Heri Sutrisno saat peresmian ADM bersama Kang Giri Bupati Ponorogo. (*)