Musrenbang RKPD 2024, DPRD Ponorogo Tekankan Prioritas Pembangunan

Musrenbang RKPD 2024, DPRD Ponorogo Tekankan Prioritas Pembangunan

23/03/2023 0 By Hary Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Musrenbang RKPD 2024 digelar oleh Pemkab Ponorogo dalam perencanaan pembangunan tahun 2024. Pada Musrenbang ini DPRD Ponorogo memberikan masukan Pemkab agar memaksimalkan bantuan pusat dan propinsi serta intensifikasi dan ekstensifikasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk memaksimalkan program prioritas.

Ada beberapa yang diperhatikan dan menjadi catatan legislatif antara lain, masalah anjloknya harga gabah ditingkat petani dan kelangkaan pupuk subsidi, hal ini membuat petani terpaksa membeli pupuk malam (non subsidi) dengan harga tinggi.

“Langka dan mahalnya pupuk membuat petani resah, Pemkab diharapkan menggunakan kewenangannya untuk menyelesaikan permasalahan ini,” kata Sunarto, Ketua DPRD Ponorogo, Selasa, (21/3/2023).

Ia menambahkan bahwa diperlukannya sinergi antara Pemkab dan Legislatif, untuk itu dalam penentuan kebijakan perencanaan pembangunan diharapkan Pemkab selalu berkolaborasi dengan DPRD Ponorogo yang merupakan lembaga kontrol pemerintah.

Selain itu Ia mendesak Pemkab untuk memaksimalkan bantuan anggaran dari Pemerintah Pusat dan Provinsi, serta melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), seperti pajak daerah, retribusi dan potensi lainnya. Sehingga hal ini akan membantu secara signifikan dalam pembangunan di Ponorogo.


Selain itu Ia juga meminta anggaran pemilu tahun 2024 yang dianggarkan Pemkab jangan sampai mengalahkan anggaran program prioritas yang berhubungan dengan hajat hidup masyarakat.

“Pokok pikiran DPRD Ponorogo ini, agar di masukkan dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) sebagai dokumen penting dalam realisasi RKPD tahun 2024. Mekanisme check and balance antara DPRD dan Pemkab menjadi salah satu kunci sukses dalam mewujudkan pembangunan pada tahun 2024,” pungkas Sunarto, Ketua DPRD Ponorogo saat menyampaikan padangannya di Musrenbang RPKD Ponorogo 2024. (adv/jm)