Luar Biasa Capaian di Hari Jadi Ponorogo ke 527, Ponorogo Hebat

Luar Biasa Capaian di Hari Jadi Ponorogo ke 527, Ponorogo Hebat

12/08/2023 0 By Hary Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Gelaran Resepsi Hari Jadi Ponorogo ke 527, menjadi pesta rakyat. Kang Giri Bupati Ponorogo mengemas acara berbeda agar dirasakan masyarakat.

Ratusan lapak pedagang kaki lima yang menjajakan makanan tradisional maupun kekinian disediakan oleh Pemkab Ponorogo, masyarakat bisa ambil dan makan sepuasnya.

“Hari Jadi Ponorogo adalah milik rakyat, kita bersama merayakannya,” kata Kang Giri, Bupati Ponorogo, Sabtu, (12/8/2023).

Ia menambahkan bahwa pembangunan sesuai visi misi Ponorogo hebat mulai terbangun, ivent Hari Jadi Ponorogo kedepan akan dikemas dengan persiapan yang lebih matang.

Capaian pembangunan pendidikan, infrastruktur hingga pembangunan dan pertumbuhan ekonomi satu persatu dikerjakan dan masyarakat sudah bisa merasakannya.

Masyarakat Ponorogo nantinya diharapkan mampu sejahtera, aman, nyaman, damai, dan rukun, itu merupakan tujuan akirnya.

“Karena itu, perlu peningkatan dan pembangunan SDM dan IPM di Ponorogo,” tambahnya.

Ia menyebutkan IPM di Ponorogo mengalami peningkatan pada tahun 2021 sebesar 71.06 sedangkan tahun 2022 sebesar 71.86.

Kualitas hidup manusia. Sektor harapan hidup capai 73.20 persen ditahun 2022. Sementara, harapan lama sekolah Ponorogo 2022 capai 13.76 tahun.

Penduduk miskin juga ditekan sampai 9.32 tahun 2022. Ini capaian yang bagus tapi Ia akan terus turunkan ditahun-tahun kedepannya.

Tidak kalah penting pembangunan infrastruktur menjadi faktor pendukung utama penghidupan masyarakat, mulusnya jalan daerah bakal meningkatkan semangat masyarakat bekerja.

Calaian pada tahun 2022, peningkatan jalan kabupaten yang dibiayai PEN capai 51 ruas dengan total panjang tembus 145.76 kilometer. Seperti di ruas Mlilir-Semanding dengan panjang 4.105 kilometer, hngga ruas Semanding-Sekedok dengan panjang 3.896 kilometer.

Namun semua ini masih jauh dari keinginan masyarakat, namun masyarakat bisa melihat kita terus bergerak membangun.

“Selamat hari jadi Kabupaten Ponorogo ke 527, sukses dan terima kasih kepada seluruh rakyat Ponorogo, saya mohon maaf atas segala kekurangan. Kedepan pasti Ponorogo jauh lebih baik,” pungkas Kang Giri, Bupati Ponorogo saat Resepsi Hari Jadi Ponorogo ke 527. (*)