Demi Kemanusiaan, Pemkab Ponorogo Alih Fungsikan Gedung IKM

Demi Kemanusiaan, Pemkab Ponorogo Alih Fungsikan Gedung IKM

15/07/2021 0 By Hari Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Banyaknya pasien covid-19 membuat rumah sakit rujukan penuh sehingga terpaksa melakukan perawatan di dalam tenda, hal ini menjadi perhatian khusus Pemkab Ponorogo untuk mengalih fungsikan Gedung Sentra Industi Kecil Menengah (IKM) sebagai rumah sakit lapangan.

Rumah sakit lapangan nanrinya akan difungsikan sebagai tempat perawatan pasien covid-19 dengan gejala sedang, dan sebagai antisipasi saat ada lonjakan pasien sehingga rumah sakit rujukan penuh.

Sebagian Gedung Sentra IKM juga sudah difungsikan sebagai shelter covid-19, “Rumah sakit lapangan ini akan mampu mempunyai sekitar 74 tempat tidur, lengkap dengan ruang perawatan,” jelas Made Jeren, Direktur RSUD Dr. Harjono Ponorogo, Kamis, (15/7/2021).

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menjelaskan, hal ini dilakukan sesuai dengan arahan Gubernur Jawa Timur, bahwa setiap kabupaten/kota harus memiliki rumah sakit lapangan sebagai persiapan mengatasi ketika ada ledakan pasien covid-19

Selain itu, “Betapa tidak masusiawinya ketika para pasien covid-19 harus dirawat didalam tenda,” ungkap Giri.

Saat ini sedang melakukan koordinasi dengan pada pengusaha di Gedung Sentra IKM, untuk beralih sementara ke gedung yang telah disiapkan.

Tentunya dengan mengalihfungsikan Gedung Sentra IKM, “Pemkab Ponorogo berharap bisa mengurangi beban mental pasien dengan memfasilitasi tempat perawatan yang baik, sehingga mereka cepat sembuh,” tutup Giri.(*)