Mengenal Gus Maksum, Guru Besar LPSNU Pagar Nusa Sukorejo Ponorogo

Mengenal Gus Maksum, Guru Besar LPSNU Pagar Nusa Sukorejo Ponorogo

21/11/2021 0 By Hari Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – LPSNU Pagar Nusa PAC Kecamatan Sukorejo, Ponorogo, Peringati Haul KH. Maksum Jauhari pendiri Pagar Nusa, peringatan yang dilaksanakan pada Minggu, 21 November 2021 pukul 19.30 – 22.00 di aula kantor MWC NU Kecamatan Sukorejo, sebagai pengingat dan perenuangan beliau dalam perjuangan semasa hidupnya.

Acara Haul KH. Maksum dihadiri oleh Jajaran Rois Syuriah, ketua dan sekretaris MWC NU Sukorejo, serta para sesepuh Pagar Nusa, Pengurus Muslimat, Fatayat, Ansor, Banser, JRA, IPNU- IPNU, hadir pula Mukrim Abdullah Dewan Pembina Pagar Nusa Kabupaten Ponorogo.

Haul Gus Maksum Sukorejo Ponorogo

Peringatan Haul KH. Maksum sebagai media untuk memupuk kembali rasa khurmat, rasa syukur dan rasa persatuan dan kesatuan antar sesama santri KH. Maksum dalam wadah Pagar Nusa sehingga tumbuh saling asah, saling asih, saling asuh menebar kebaikan di muka bumi.

“Semoga menjadi momentum kita bersama untuk bersilaturahmi dengan berkirim doa dan mengenang sepak terjang beliau dalam syi’ar agama Islam melalui pencak silat mulai dari pesantren Lirboyo hingga seluruh Nusantara,” terang Mahmudi, Minggu, 21/11/2021

Mukrim Abdullah, menceritakan biografi KH. Maksum Jauhari yang terkenal dengan sebutan Gus Maksum, dari ketakdimannya kepada orang tua beliau sangat hormat, taat dan patuh kepada bapak dan ibunya, dari kedisiplinannya beliau sangat disiplin dengan waktu sehingga betul-betul menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya untuk belajar, mengajar maupun bekerja, dari segi kecerdasan beliau adalah seorang yang memiliki keistimewaan luar biasa selain ilmu kanuragan juga ampuh dalam ilmu laduni sering kali bisa memberikan solusi pada beberapa permasalahan yang sulit di pecahkan, dalam berdakwah beliau diakui sebagai pendakwah kondang melalui pencak silat Gasmi dan Pagar Nusa.

“Man sana in corpore sano, al’aqlussalim fijismissalim, maksudnya jiwa yang sehat terdapat dalam tubuh yang sehat,” tegasnya.

Semoga dengan mengenal lebih jauh tentang kepribadian Gus Maksum, seluruh keluarga besar LPSNU Pagar Nusa Ponorogo bisa meneruskan perjuangan beliau disegala disiplin ilmunya.(*)