Peringati Hari Disabilitas Internaional, Kang Giri Bupati Ponorogo Dorong Terciptanya Lingkungan Ramah Disabilitas

Peringati Hari Disabilitas Internaional, Kang Giri Bupati Ponorogo Dorong Terciptanya Lingkungan Ramah Disabilitas

06/12/2022 0 By Hari Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Peringatan Hari Disabilitas Internasional dimanfaatkan oleh Kang Giri Bupati Ponorogo mendorong semua elemen untuk menciptakan lingkungan yang ramah untuk penyandang disabilitas.

Kang Giri Bupati Ponorogo mengundang para penyandang disabilitas di Pendopo untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional dengan membagikan alat bantu untuk mereka.

“Di dunia ini kita sama, tidak ada ciptaan Allah yang gagal, mereka yang diberi kekurangan pasti diberi kelebihan,” kata Kang Giri, Bupati Ponorogo. Selasa, (6/12/2022).

Menurutnya, semakin peduli terhadap penyandang disabilitas, makan semakin menghargai nilai-nilai kemanusiaan, untuk itu Ia mendorong semua elemen untuk terciptanya lingkungan yang ramah bagi penyandang disabilitas.

“Mari berbagi, membaur bersama mereka, kita semua sama, mari kita ciptakan lingkungan yang ramah untuk semuanya termasuk penyandang disabilitas,” tambahnya.

Pada kesempatan ini Kang Giri menerangkan pada fasilitas publik harus ada fasilitas untuk penyandang disabilitas, semisal ruang tunggu disabil, tangga disabil, dan guiding block yang memberi kenyamanan untuk disabil saat berjalan di trotoar.

Kang Giri juga memberikan alat bantu, kursi roda untuk tuna daksa, dan tongkat bantu tunanetra, “Mereka berhak mendapatkan penghormatan dan kesamaan hak. Diskriminasi dan marginalisasi muncul karena tiadanya moral kepedulian, melainkan hanya memandang kelemahannya saja”. (*)