Sunarto Kades Asal Ponorogo, Hadirkan APBDesa untuk UMKM Warganya

Sunarto Kades Asal Ponorogo, Hadirkan APBDesa untuk UMKM Warganya

27/10/2021 0 By Hari Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Masyarakat Desa Sempu, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur sangat bersyukur dan pantas berbangga memiliki Kades yang sangat inovatif. Sunarto merupakan kader Ansor yang sukses terjun di perhelatan Pilkades 2019. Ia mampu menterjemahkan amanat Undang-undang tentang Desa secara substantif, yakni berorientasi untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Sunarto Kades Sempu Ngebel Ponorogo

Sejak menjabat di tahun 2019, Sunarto tidak mau terjebak pada hingar bingar dan trend pembangunan infrastruktur yang menjadi idola penggunaan Dana Desa. Ia bertekad menggunakan dana desa untuk membangun ekonomi masyarakat desa, khususnya UMKM. Menurutnya, pembangunan fisik infrastruktur itu tidak akan pernah selesai jika dituruti, tetapi yang terpenting menurutnya adalah membangun manusianya.

Sunarto Kades Sempu Ngebel Ponorogo

“Saya bertekad menyeimbangkan pembangunan fisik dan pembangunan manusia, khususnya peningkatan dan pemberdayaan UMKM, untuk peningkatan usaha ekonomi kelompok masyarakat”, katanya, Rabu, (27/10/2021)

Didasari oleh visi nya itu, sejak tahun 2019 telah banyak kelompok masyarakat yang mendapat fasilitas dari APBD Desa Sempu. Diantaranya, masyarakat didorong untuk ketahanan dapur dengan membagi polybag dan benih sayuran kepada semua rumah, kelompok pemuda di setiap dusun didorong usaha berternak lele dengan difasilitasi bantuan kolam, benih dan pakan.

Sunarto Kades Sempu Ngebel Ponorogo

Selain itu, ada satu kelompok pemuda yang difasilitasi menjalankan usaha perbengkelan, ada kelompok pemuda yang difasilitasi usaha las, ada juga kelompok yang difasilitasi usaha percetakan gorong-gorong dan hari ini sudah kebanjiran order dari desa sekitar.

Tak hanya itu, kelompok pemudi difasilitasi usaha kerajinan tas yang hari ini sudah berhasil memasarkan produknya bekerja sama dengan pengusaha di Bali. Unit-unit BUMDesa terbrntuk secara produktif, bahkan telah memiliki usaha pembuatan pupuk organik dan produknya sudah menjadi idola petani di Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Dan masih banyak lagi

Sunato, Kades Inovatif UMKM asal Desa Sempu, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo ini menambahkan, “Intinya ide usaha ekonomi apapun, asalkan serius dan sudah ada embrio usahanya, kami akan hadir memberikan dukungan anggaran, ini saya sampaikan kepada semua warga dalam setiap kesempatan.” (*)