Tekan Dampak Covid-19, Pemkab Ponorogo Segera Pindahkan Pasien Isoman ke Isoter

Tekan Dampak Covid-19, Pemkab Ponorogo Segera Pindahkan Pasien Isoman ke Isoter

18/08/2021 0 By Hari Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Pandemi covid-19 yang belum usai, membuat langkah penanganan dan pengendaliannya semakin rapat dan terintegrasi, di Kabupaten Ponorogo penanganan pasien isolasi mandiri (isoman) akan dipindahkan ke isolasi terpusat (isoter).

Komandan Kodim 0802 Ponorogo Letkol (inf) Muhammad Radhi Rusin pimpin apel gelar pasukan dalam rangka pemindahan isolasi mandiri (Isoman) ke isolasi terpusat (Isoter) kepada pasien covid-19 yang tidak bergejala maupun gejala ringan.

Apel gelar pasukan tersebut diadakan di jalan alun-alun diikuti oleh TNI-Polri, Satpol PP, Camat, Kapolsek, hingga Kepala Puskesmas se-Kabupaten Ponorogo, Rabu (18/8/2021).

Kodim 0802 Ponorogo

Apel dalam rangka pemindahan pasien covid-19 yang isolasi mandiri ke isolasi terpusat, Rabu, (18/8/2021)

“Pemindahan isoman ke isoter ini atas perintah dari komandan atas, hal ini untuk meminimalisir angka kematian isoman,” kata Muhammad Radhi Rusin, Komandan Kodim 0802 Ponorogo, Rabu, (18/8/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa nantinya masyarakat yang isoman bisa lebih inten dalam pemantauan perkembangan sehingga bisa cepat sembuh.

Instruksi langsung diteruskan dari pimpinan kepada jajaran Danramil, Polsek, hingga kecamatan untuk memindahkan pasien isoman ke isoter yang ada di desa maupun di kabupaten,” tambahnya.

Kodim 0802 Ponorogo

 

Radhi juga menjelaskan hal ini bertujuan untuk menghindari cluster keluarga, meminimalisir angka kematian, serta adanya pemantauan secara berkala oleh tenaga kesehatan sehingga pasien cepat sembuh.

“Kami saling bahu membahu untuk menekan angka penyebaran covid-19, untuk itu akan dilaksanakan pemindahan pasien isoman ke isoter di Ponorogo,” Pungkasnya. (*)