Waduk Bendo Ponorogo, Segera Diresmikan Jokowi

Waduk Bendo Ponorogo, Segera Diresmikan Jokowi

03/08/2021 0 By Hari Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Salah satu Proyek Strategis Nasional, Waduk Bendo Ponorogo segera bisa dirasakan manfaatnya, tahapan impounding atau pengisian awal air bendungan telah dilaksanakan.

“Bendungan ini akan sangat bermanfaat untuk masyarakat luas terutama untuk sawah tadah hujan,” kata Sugiri Sancoko, Bupati Ponorogo, Sabtu, (31/7/2021).

Menurutnya lahan persawahan kisaran 7.800 hektar kebutuhan air akan dipasok dari Waduk Bendo Ponorogo, ini akan merubah sawah tadah hujan lebih produktif bisa panen tiga kali dalam setahun.

Selain itu nantinya Waduk Bendo Ponorogo akan berfungsi sebagai salah satu pembangkit listrik dan sumber baku untuk air bersih, “Banyak sektor semoga bisa berubah dan merubah perekonomian di Ponorogo,” tambahnya.

Sektor pariwisata juga akan bisa tumbuh di wilayah Waduk Bendo Ponorogo, sampai hari ini sudah banyak masyarakat yang bersantai dan bersepeda disini, banyak juga masyarakat yang mamanfaatkan banyaknya pengunjung dengan berjualan.

Waduk Bendo Ponorogo juga akan menjadi sarana pengurangan dan pengendalian potensi banjir didaerah hilir

“Proses impounding Waduk Bendo Ponorogo ini akan dilaksanakan selama 3 bulan, setelah selesai pada bulan September nanti akan diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo,” tutup Bupati Ponorogo. (*)