Peringati HPN 2022, Pemkab Ponorogo Launching Pengaduan Masyarakat Via WhatsApp
15/02/2022KOMPAS NUSANTARA, PONOROGO – Memperingati HPN 76 tahun 2022 Pemkab Ponorogo menggelar sarasehan dengan insan media dan Launching Aplikasi pengaduan masyarakat berbasis WhatsApp “Suara Ponorogo” bertempat di Sasana Praja Ponorogo.
Bambang Suhendro, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Ponorogo menjelaskan bahwa masyarakat Ponorogo yang ingin menyampaikan aduan, saran maupun keluhan, seputar pelayanan publik sekarang mempunyai saluran yang jelas, bisa disampaikan dengan layanan berbasis WhatsApp bernama Suara Ponorogo.
“Dengan aplikasi ini masyarakat bisa menyampaikan aduan pelayanan pemerintah via WhatsApp,” ungkapnya, Selasa, (15/2/2022)
Lebih lanjut Bambang menjelaskan masyarakat bisa mengakses layanan itu, menyampaikan melalui Whatsapp dengan nomor pusat aduan 081228010201.
“Suara Ponorogo menempatkan masyarakat sebagai subyek bukan hanya sebagai obyek,” tegasnya.
Sebagai wadah aspirasi masyarakat, Suara Ponorogo ini bisa menerima berbagai laporan, antara lain, pelayanan umum, pendidikan, kesehatan, pariwisata, lingkungan, infrastruktur, sosial, kemasyarakatan, kebencanaan, pertanian dan lainnya.
“Masyarakat tinggal memilih jenis laporannya, dan akan diteruskan oleh operator dinas kominfo ke instansi terkait, dan akan ditindaklanjuti oleh instansi terkait sesuai kebutuhan dilapangan,” tambahnya.
Setiap tindak lanjut dan perkembangan aduan, akan dikirim melalui wa ke pelapor, dengan notifikasi lengkap, dengan status penanganan selesai atau masih membutuhkan tindak lanjut.
Harapannya Suara Ponorogo menjadi wadah masyarakat agar berperan aktif meningkatkan pelayanan publik yang prima sehingga pemerintah bisa lebih transparan akuntabel menuju Ponorogo Hebat bermartabat.
“Pemkab Ponorogo didorong untuk lebih transparan, cermat dan akuntabel, untuk menuju Ponorogo Hebat bermartabat, untuk itu diperlukan pusat laporan masyarakat via Whatsapp” pungkasnya. (*)