Lisdyarita Jalin Sinergitas Atasi Stunting di Ponorogo

Lisdyarita Jalin Sinergitas Atasi Stunting di Ponorogo

03/03/2022 0 By Wahyudi

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Lisdyarita Wakil Bupati Ponorogo, mengikuti Webinar Rencana Aksi Nasional Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (RAN PAUD HI), yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (KKB PMK) Republik Indonesia.

Webinar ini diikuti hampir seluruh kabupaten kota se Indonesia, sekitar 5000 orang peserta, merupakan tahap pertama.

“Webinar ini diikuti hampir seluruh kabupaten kota se Indonesia, mengingat pentingnya masalah Pencegahan Stunting dan PAUD,” kata Lisdyarita Wakil Bupati Ponorogo, Kamis, (3/3/2022).

Dalam rangka percepatan penurunan dan pencegahan jumlah stunting anak di Indonesia, sesuai data mulai tahun 2018 pemerintah sudah meluncurkan Strategi Nasional Percepatan Pencegahan Stunting (SNPPS). Strategi ini menjadi acuan bersama pelaksanaan program dalam rangka pencapaian target penurunan prevalensi stunting hingga 14 % pada tahun 2024. Maka giat ini dipandang perlu dilakukan.

Muhajir Effendi, Menko Bidang PMK dalam arahannya menyampaikan, pentingnya penanganan stunting dan merupakan tugas berat penanganan Stunting Nasional ini.

“Dalam siklus pembangunan manusia maka stunting berada pada posisi yang sangat strategis dan sektor yang paling hulu di dalam pembangunan manusia dan kebudayaan,” kata Muhajir Effendi, Menko Bidang PMK.

Lebih lanjut Lisdyarita menjelaskan, akan bersama-sama dengan TP PKK Kabupaten Ponorogo, akan melangkah dan menyikapi apa yang menjadi pokok tujuan dalam Webinar tersebut.

“Tindak lanjut kita akan diterapkan di lapangan yang otomatis kerja bareng SKPD, karena stunting terbilang masih cukup tinggi,” tambahnya.

“Terkait PAUD kita akan turun langsung dengan TP PKK Kabupaten Ponorogo, untuk melihat langsung kondisi PAUD di Ponorogo,” pungkas Lisdyarita. (*)