Petani Jahe Merah dan Sereh Wangi di Ponorogo Kerjasama dengan PT Bintang Toejoe

Petani Jahe Merah dan Sereh Wangi di Ponorogo Kerjasama dengan PT Bintang Toejoe

25/08/2022 0 By Wahyudi

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Sektor pertanian di Kabupaten Ponorogo semakin kuat dengan banyaknya kerjasama kemitraan dengan perusahaan besar, satu diantaranya PT Bintang Toejoe bekerjasama dengan petani jahe merah dan sereh wangi di Kecamatan Pulung, Ponorogo, Jawa Timur.

Petani Jahe Merah Sereh Wangi Ponorogo

Kerjasama ini ditandai dengan ditanda tanganinya kerja sama oleh Koperasi Mitra Sejahtera mewakili petani dengan PT Bintang Toejoe. Dalam kesempatan kali ini juga diadakan peluncuran Sinergi Program Pasok Rantai Usaha Mikro Komuditas Pertanian antara Dinas Koperasi dan UKM Ponorogo dan PT bintang Toejoe, ditandai dengan penanaman sereh wangi secara simbolis di Desa Pulung Kecamatan Pulung Ponorogo.

Kang Giri, Bupati Ponorogo menyambut baik setiap kemitraan yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Petani Jahe Merah Sereh Wangi Ponorogo

“Kami siap memenuhi setiap kebutuhan bahan berbagai produk yang dimiliki oleh PT Bintang Toejoe,” kata Kang Giri Bupati Ponorogo, Kamis, (25/8/2022).

Pihaknya berharap kerjasama seperti ini berlanjut pada komoditi yang lain mengingat Ponorogo mempunyai alam yang subur petani tangguh siap dijadikan mitra kerja sama saling menguntungkan.

“Kedepan kebutuhan jahe, kita siap memenuhi
sekian persennya,” tambahnya.

Petani Jahe Merah Sereh Wangi Ponorogo

Sementara itu Sutarmo, Asisten Deputi Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro mengungkapkan, petani akan mendapatkan akses lahan sebanyak 62 hektar dari perhutani untuk ditanami sereh wangi dan jahe merah, diperkirakan mampu menyerap tenaga 310 petani.

“Penyediaan lahan perhutani untuk peluasan penanaman jahe merah dah sereh wangi bagi petani, Pemkab Ponorogo bisa bekerja sama dengan Perhutani,” pungkas Sutarmo, Asisten Deputi Pengembangan Rantai i Pasok Usaha Mikro. (*)