Kang Giri Bupati Ponorogo Genjot Percepatan Smart City Ponorogo

Kang Giri Bupati Ponorogo Genjot Percepatan Smart City Ponorogo

29/09/2022 0 By Wahyudi

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Empat tahap bimbingan teknis penyusunan master plan dan quick win program unggulan smart city yang digelar di Hotel Gajah Mada Ponorogo telah berakhir dan ditutup langsung oleh Kang Giri Bupati Ponorogo, sekaligus ditanda tanganinya komitmen bersama implementasi Smart City Ponorogo.

Bimtek diikuti oleh unsur perangkat daerah, perguruan tinggi, badan usaha dan stake holder terkait. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo RI) master plan disusun untuk dijadikan arah pembangunan smart city Ponorogo dengan program jangka pendek, menengah dan panjang.

Kang Giri Bupati Smart City Ponorogo

Dimana ada 75 program unggulan yang tersebar pada 6 konsep kota cerdas yakni Smart Ekonomy (ekonomi pintar/inovasi persaingan), Smart Mobility (mobilitas pintar/transportasi dan infrastruktur), Smart Environment (lingkungan pintar/keberlanjutan dan sumber daya), Smart People (masyarakat pintar/kreativitas dan modal sosial), Smart Living (cerdas hidup/kualitas hidup dan kebudayaan), dan Smart Governance (pemerintahan yang cerdas/pemberdayaan dan partisipasi).

“Kita mengupas, menggali inovasi, ide dan menyamakan persepsi bagaimana Ponorogo menjadi Smart City,” kata Fitrah Rahmat Kautsar, Pendamping Smart City Ponorogo, Kamis, (29/9/2022).

Kang Giri Bupati Smart City Ponorogo

Lebih lanjut Ia menambahkan dalam implementasi pelaksanaan program unggulan tersebut, Kementerian Keuangan akan memberikan dukungan dan Kemenkominfo RI akan mendampingi agar pelaksanaan sesuai target pencanangan.

“Kementerian Kominfo melakukan monitoring dan evaluasi setahun dua kali, ditanyakan perkembangan, kendala yang ada sehingga mendorong Ponorogo terus berpacu,” tambahnya.

Kang Giri Bupati Smart City Ponorogo

Sementara itu Kang Giri Bupati Ponorogo berharap dengan adanya master plan dan penandatanganan komitmen bersama ini, semua stake holder menjalankan program sesuai master plan yang telah disusun.

“Ini diramu menjadi sesuatu yang disepakati bersama agar percepatan Smart City segera terwujud, maka semua pihak harus bisa menyesuaikan,” pungkas Kang Giri Bupati Ponorogo. (*).