Kang Giri Bupati Ponorogo Intens Kampanyekan Reyog di Dunia Internasional

Kang Giri Bupati Ponorogo Intens Kampanyekan Reyog di Dunia Internasional

04/04/2023 0 By Hary Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Kampanye Seni Reyog Ponorogo terus diperkenalkan ke dunia internasional oleh Kang Giri Bupati Ponorogo. Pagelaran terus dilakukan di luar negeri diberbagai ivent dan misi budaya.

Kali ini Pemkab Ponorogo mengirim Seni Reyog Ponorogo ke beberapa negara antara lain, Suriname, Canada, Australia, dan Hongkong.

Pengiriman Seni Reyog Ponorogo ini merupakan misi diplomasi budaya untuk menduniakannya di kancah internasional.

“Budaya merupakan media diplomasi yang lembut tanpa menyinggung banyak orang,” kata Kang Giri, Bupati Ponorogo, Selasa, (4/4/2023).

Cara-cara sederhana dan efisen namun mempunyai dampak yang luar biasa pada perkembangan Seni Reyog Ponorogo harus terus dilaksanakan diberbagai kesempatan.

“Jika mengenal Reyog tentu akan mengenal Ponorogo,” tambahnya.

Melalui jasa Diaspora yang notabenenya adalah WNI juga yang mengenal Reyog Ponorogo secara utuh, tentunya akan berdampak pada pengenalan Reyog Ponorogo lebih meluas.

Kang Giri menambahkan selain untuk misi diplomasi dunai juga sebagai media menggenjot Reyog Ponorogo semakin populer di kancah internaional, karena kita kembali mengajukannya ke ICH UNESCO.

“Sebagai persiapan kita juga akan mengirimkan pelatih ke negara-negara tersebut untuk melatih memainkan Seni Reyog Ponorogo serta dengan video tutorialnya,” pungkas Kang Giri, Bupati Ponorogo. (*)