Istimewa, Ponorogo Torehkan Sebelas kali Terima Penghargaan Opini WTP

Istimewa, Ponorogo Torehkan Sebelas kali Terima Penghargaan Opini WTP

26/05/2023 0 By Hary Dekik

KOMPASNUSANTATA, PONOROGO – Pemkab Ponorogo kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Ini
untuk kesebelas kalinya secara berturut-turut, Kang Giri Bupati Ponorogo secara langsung menerima laporan hasil pemeriksaan (LHP) dari Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur Karyadi, di Kantor BPK Perwakilan Jawa Timur pada Kamis, 25 Meri 2023.

Opini WTP merupakan wujud kepatuhan pemerintah daerah terhadap prinsip akuntansi pengelolaan keuangan. Dengan begitu, penghargaan atas laporan keuangan daerah (LKPD) yang diraih Pemkab Ponorogo tersebut menandakan bahwa kepala daerah hingga organisasi perangkat daerah (OPD) setempat memiliki pengelolaan keuangan yang baik dan tidak melanggar prinsip akuntansi.

“Saya ucapkan terima kasih kepada kepatuhan semuanya,” kata Kang Giri Bupati Ponorogo.

LHP atas LKPD 2022 menorehkan catatan istimewa yaitu sebelas kali secara berturut-turut, ini menandakan kedisiplinan tinggi pemerintah daerah memperbaiki catatan dari BPK.

Atas capaian itu, Ia berharap keseriusan OPD dalam pengelolaan keuangan negara meningkat, semoga kita semakin teguh memegang kepatuhan terhadap prinsip pengelolaan keuangan.

Sementara Karyadi, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Timur mengatakan, setelah adanya laporan dari pemerintah daerah, BPK berhak memberikan opini, atas kewajaran penyajian laporan keuangan. Opini merupakan pernyataan profesional mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan.

“BPK pun telah melalui pengujian analitik, pengujian pengendalian dan pengujian substantif,” pungkasnya saat penyerahan penghargaan WTP yang diterima langsung oleh Kang Giri Bupati Ponorogo. (*)