Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati Ponorogo Tekankan Gotong-royong Pembangunan

Peringati Hari Lahir Pancasila, Bupati Ponorogo Tekankan Gotong-royong Pembangunan

01/06/2023 0 By Hary Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Bupati Ponorogo, Kang Giri memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di halaman Pendopo Kabupaten Ponorogo dengan mengenakan Penadon pakaian khas Ponorogo.

Upacara dihadiri Wakil Bupati Lisdyarita, jajaran Forkopimda Ponorogo, para Kepala OPD Pemkab Ponorogo, serta diikuti seluruh ASN Pemkab Ponorogo.

 

Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945, telah ditetapkan Presiden Joko Widodo dengan Keputusan Presiden Indonesia Nomor 24 Tahun 2016.

Kang Giri, Bupati Ponorogo dalam sambutannya mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi momen pengingat bahwa butir-butir Pancasila merupakan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Tema hari lahir Pancasila tahun ini, mengajak kita merenungkan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, gotong-royong, dan persaudaraan harus selalu hadir dalam setiap tindakan kita.

“Pancasila tonggak penting dalam sejarah Bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, berbangsa dan bernegara,” kata Kang Giri, Bupati Ponorogo, Kamis, (1/6/2023).

 

Menurutnya, gotong-royong merupakan semangat yang melekat pada bangsa Indonesia sejak zaman dahulu. Semangat ini memupuk perasaan gotong royong, solidaritas, dan kepedulian terhadap sesama.

Gotong-royong mengajarkan kita bekerja sama mencapai tujuan bersama, tanpa memandang perbedaan sosial, agama, maupun budaya. Dalam konteks membangun peradaban, gotong royong memegang peranan yang sangat penting

“Gotong-royong merupakan ciri khas Bangsa Indonesia, dengan gotong-royong kita akan mampu membangun peradaban global,” pungkas Kang Giri, Bupati Ponorogo saat sambutan Hari Lahir Pancasila. (*)