ICMD di Ponorogo Tampilkan D’masiv dan Naff

ICMD di Ponorogo Tampilkan D’masiv dan Naff

02/09/2023 0 By Hary Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Program Indonesia Makin Cakap Digital (ICMD) yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Pemkab Ponorogo, akan menggelar Festival Literasi Digital dengan bintang tamu dua grup band terkenal di Indonesia yakni D’Masiv dan Naff.

Acara tersebut akan digelar pada Minggu, 3 September 2023 di Aloon-aloon Ponorogo. Kehadiran 2 grup band diharapkan mampu menjadikan magnet bagi masyarakat untuk mengikuti rangkaian acara.

Acara yang dikemas dengan talkshow luring dan bisa diikuti secara live online di media zoom meeting. #IndonesiaMakinCakapDigital (ICMD) ini dilaksanakan di sejumlah propinsi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo RI) Republik Indonesia.

Nantinya diskusi yang dikemas dengan talkshow ini akan dikemas menjadi dua sesi, dan setiap jeda sesi menampilkan D’masiv dan Naff.

Menurut keterangan Kominfo, acara yang bertema Tantangan Transformasi Digital bagi Kemajuan Perekonomian akan menghadirkan 3 pemateri dalam sesi pertama yakni, Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo, Sartono Hutomo anggota DPR RI, dan Revina Tista Infuencer Busines Owner.

Sedangkan pada sesi kedua juga menampilkan 3 pemateri yakni, Sherlita Ratna Dewi Agustin Kadin Kominfo Propinsi Jawa Timur, Infuencer Novindah Sochmariyanti, dan Influencer Eva Farida.

Acara menargetkan diikuti 50.000 peserta terdiri dari berbagai komunitas dan lapisan, sehingga mampu meningkatkan motivasi, kecakapan digital khususnya pada masyarakat Ponorogo, agar lebih produktif dalam penggunaan kemampuan teknologi dan informasi.

Berikutnya, menyiapkan masyarakat Ponorogo dan sekitarnya pada transisi era infomasi dan internet yang positif, serta menumbuhkan kepedulian sosial terhadap literasi digital, internet sehat dan cakap digital.

Target peserta dalam festival literasi digital kali ini, yakni kelompok pensiunan, nelayan, petani, penyuluh, buruh, UMKM, dan organisasi profesi lainnya, sementara target komunitas, yakni Komunitas Informasi Masyarakat, Klub Motor, Komunitas Pemuda Tani Milenial, Paguyuban Kakang Senduk, dan Komunitas Radio Antar-Penduduk.

Sebagai bagian dari program IMCD, seminar literasi digital untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta warga masyarakat Indonesia hingga 2024.

Untuk tahun ini, program #literasidigitalkominfo tersebut dilaksanakan sejak 27 Januari 2023.

Saat ini, Indeks Literasi Digital Indonesia telah semakin baik. Hal itu diketahui dari hasil pengukuran Indeks Literasi Digital Indonesia 2021 yang digelar Kemenkominfo bekerja sama dengan Katadata Insight Center (KIC). Secara keseluruhan, Indeks Literasi Digital Indonesia 2021 mencapai 3.49 dari skala 1-5, atau naik dari pencapaian tahun sebelumnya 3.46.

Tahun ini, IMCD menargetkan 5,5 juta warga masyarakat, utamanya yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital, sebagai peserta. IMCD sendiri bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman. Setiap program IMCD selalu membahas setiap tema dari sudut pandang empat pilar utama: kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital.

Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII dan We Are Social menemukan, pengguna internet dan media sosial pada periode 2021-2022 mencapai 220 juta orang, padahal, pada 2019 jumlah itu tidak lebih dari 175 juta orang.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Fan Page Facebook dan Kanal YouTube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigital.id. (*)