Percepat Laju Perekonomian, Pemkab Ponorogo Gelar Ivent Berkelanjutan

Percepat Laju Perekonomian, Pemkab Ponorogo Gelar Ivent Berkelanjutan

22/09/2023 0 By Hary Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Pemkab Ponorogo untuk membangkitkan perekonomian terus berinovasi dengan berbagai ivent gebrakan, salah satunya adalah ivent Ponorogo Rikolo Semono yang digelar selama dua pekan kedepan.

Ivent tersebut membawa konsep Ponorogo pada era tahun 1970-1980, sebagai magnet penggerak, puluhan stand untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), benda tempo dulu ditampilkan oleh sejumlah instansi, kesenian tradional juga digelar setiap malam diantaranya, gamelan cokekan, reog obyok,seni kucingan, rock kawak, musik keroncong, gambus, angklung, pentas ludruk, dan ketoprak humor, dan gelaran pasar malam.

“Ivent akan menjadi kincir perekonomian di Ponorgo,” kata Kang Giri Bupati Ponorogo, Jumat, (22/9/2023).

Menurutnya penyelenggaraan event adalah sebuah terobosan dengan tujuan menggerakan perekonomian. Sebelum tersedia objek wisata yang menarik dan dukungan infrastruktur berupa tumbuhnya perhotelan, maka penyelenggaraan event menjadi solusi penggerak aktivitas ekonomi masyarakat, apalagi diadakan secara rutin.

“Menyelenggarakan event besar juga tidak harus selalu mengandalkan dukungan dana APBD,” tambahnya.

Seperti halnya Ponorogo Rikolo Semono terselenggara berkat sokongan secara gotong royong sejumlah lembaga perbankan, BUMN, dan perusahaan swasta, dan kepanitiaan dimotori oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ponorogo.

Dukungan akan datang ketika kita bisa berkomunikasi dengan baik, seperti pada ivent ini dukungan datang dari Bank Jatim, BRI, BCA, BPJS Ketenagakerjaan, Bulog, PT. Djarum, dan banyak pihak yang dilibatkan.

“Siapa berusaha, pasti ada jalan keluar,” tegasnya.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa ivent Ponorogo Rikolo Semono bakal masuk agenda tahunan dan Lokasinya akan bergeser ke sekitaran makam Bathoro Katong. Dengan kemasan yang lebih baik, Ponorogo Rikolo Semono akan dikolaborasi dengan acara haul pendiri Kabupaten Ponorogo tersebut.

“Saya ingin Haul Mbah Batkoro Katong diperingati dalam sebuah acara yang besar yang mampu menggerakan peremonomian Ponorogo lebih cepat,” pungkas Kang Giri, Bupati Ponorogo. (*)