Sanggar Tari Asal Ponorogo Raih 10 Penyaji Terbaik di ASEAN Panji Festival

Sanggar Tari Asal Ponorogo Raih 10 Penyaji Terbaik di ASEAN Panji Festival

13/10/2023 0 By Hary Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Kabupaten Ponorogo yang terkenal dengan kesenian Reog Ponorogonya, memunculkan banyak sanggar tari, salah satunya Sanggar Tari Solah Wetan yang berlokasi di Desa Wonokerto Kecamatan Jetis, Ponorogo, Jawa Timur.

Sanggar tari ini memiliki 360 siswa dengan beberapa kelas tari dan karawitan reog, yakni kelas ganong, kelas jathil, kelas pembarong, kelas tari kreasi, kelas tari tradisi, kelas karawitan reog, kelas karawitan dan pendalangan.

Wahyu Bayu Prasetian, Owner Sanggar tari Solah Wetan mengatakan dalam bentuk keseriusan sanggar tari Solah Wetan dalam mencetak generasi penerus dalam bidang seni tari, ia mengikuti ajang-ajang bergengsi, salah satunya yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu ASEAN Panji Festival.

“Alhamdulillah audisi dilakukan secara daring dan kami masuk dalam 20 finalis yang berhak tampil di Studio Universitas Brawijaya TV pada tanggal 10 Oktober 2023 lalu,” ungkapnya, Jumat (13/10/2023).

Ia menambahkan nama judul tari yang dipentaskan berjudul Sayembara Dewi Songgolangit, dan mampu membawa sanggar tari Solah Wetan meraih 10 penyaji terbaik.

Ia berharap kepada semua siswanya untuk tidak cepat berpuas diri terus berkembang dan berlatih, maju bersama berkarya tanpa batas.

“Terima kasih kepada seluruh pihak atas dukungannya, kami akan terus berusaha berkembang tanpa batas,” pungkas Wahyu Bayu Prasetian, Owner Sanggar tari Solah Wetan peraih 10 penyaji terbaik dalam ASEAN Panji Festival. (*)