Grebeg Suro Ponorogo 2024, Korelasi Budaya dan Ekonomi

Grebeg Suro Ponorogo 2024, Korelasi Budaya dan Ekonomi

28/06/2024 0 By Hary Dekik

KOMPAS™, PONOROGO – Festival Nasional Reog Ponorogo (FNRP) dalam rangkaian acara Grebeg Suro Ponorogo yang rutin digelar tahunan oleh Pemkab Ponorogo bakal semarak, setidaknya ada 37 peserta FNRP dan 22 peserta FRR yang bakal tampil dan memeriahkan event pada tahun 2024.

Judha Slamet Sarwo Edi, Kepala Disbudparpora mengatakan bahwa peserta tersebut berasal dari berbagai daerah seperti Ponorogo sendiri, Madiun, Ngawi, Pacitan, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, hingga Kepulauan Batam., dan 8 sampai 9 peserta akan tampil setiap malamnya.

Pada pembukaan Grebeg Suro tahun 2024, persiapan bangku yang disediakan setidaknya ada 8 ribuan, dengan perinciannya, 5 ribuan kursi reguler, 2.5 ribuan kursi Very Important Person (VIP), serta 5 ratusan VVIP. Diprediksi kuota bakal ludes selama perayaan Grebeg Suro berlangsung, karena ini bertepatan juga dengan hari libur sekolah.

“Tiketnya dijual secara online, menurut pantauan penjualan online laris manis ribuan setiap harinya, Selain penjualan online juga tersedia secara offline di lokasi,’’ tambahnya.

Tentunya pagelaran festival mulai 28 Juni hingga 6 Juli tahun 2024 mendatang, diharapkan mampu menggerakan ekonomi kerakyatan. Mulai bergeliatnya sektor UMKM, hotel hingga penyedia jasa.

“Acara Grebeg Suro tahun 2024 juga merupakan bagian pelestarian reog, sambil menyambut status reog sebagai warisan budaya Unesco, yang berkorelasi dengan peningkatan ekonomi masyarakat secara langsung, pungkasnya. (*)