60 meter Patung Reog Ponorogo di MRMP akan Segera Nampak

60 meter Patung Reog Ponorogo di MRMP akan Segera Nampak

04/09/2024 0 By Hary Dekik

KOMPAS™, PONOROGO – Tahap pertama Pembangunan Monumen Reog dan Musem Peradapan Ponorogo (MRMP) yang merupakah salah satu program nasional memasuki pemasangan kerangka dan panel patung reog.

Hal ini diungkapkan oleh Judha Slamet Sarwo Edi, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Ponorogo pada Rabu, 4 September 2024, ia mengatakan bahwa pembangunan tahap pertama memasuki pemasangan kerangka dan panel patung Reog Ponorogo setinggi 60 meter yang terdiri dari 30 layer panel yang masing-masing setinggi 2 meter.

“Patung setinggi 60 meter, terbagi 30 layer dan setiap layer tingginya sekitar 2 meter dan terdiri 2 bagian,” katanya.

Ia menambahkan sekarang pamasangan diakukan secara pararel, mengikuti pola patung yang sudah dibuat, selain pada layer pertama, panel-panel dicat dahulu sebelum dipasang.

Material patung Reog Ponorogo di MRMP dibuat dari Glass Reinforced Concrete (GRC), sedangkan bagian kepala harimau dan merak terbuat dari kuningan.

Sedangkan untuk pemilihan warna untuk struktur Patung Reog Ponorogo, Sugiri Sancoko, Bupati Ponorogo telah menyetujui pilihan warna yang pas, hal ini didasarkan pada hasil pendapat para seniman.

“Pemilihan warna patung di Monumen Reog dan Museum Peradaban Ponorogo, penentuannya berdasarkan pendapat para seniman yang ada,” pungkas Sugiri Sancoko, Bupati Ponorogo. (Adv).