Jamin Layanan Kesehatan, Bupati Ponorogo akan Tingkatkan Posyandu ILP

Jamin Layanan Kesehatan, Bupati Ponorogo akan Tingkatkan Posyandu ILP

11/09/2024 0 By Hary Dekik

KOMPAS™, PONOROGO – Pentingnya Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) berstatus Integrasi Layanan Primer (ILP), Sugiri Sancoko, Bupati Ponorogo memulai target jangka panjang terbentuknya Kesehatan Hebat yang menyeluruh.

Setidaknya sekarang ada 1.134 Posyandu yang ada di Ponorogo, dan 146 diantaranya sudah berstatus Posyandu ILP.

Sugiri Sancoko, Bupati Ponorogo mengatakan kepada Kompas Nusantara bahwa pihaknya akan terus berkomitmen untuk meningkatkan status Posyandu menjadi Posyandu ILP.

Menurutnya, Posyandu ILP merupakan Posyandu keluarga mempunyai pelayanan kesehatan lebih optimal dan menyeluruh, mulai dari ibu hamil, balita, anak usia sekolah, remaja hingga lansia. Dan pelayanan ini untuk semua kalangan masyarakat.

“Sekarang masih ada 146 Posyandu ILP dari 1.134 Posyandu yang ada di 31 Puskesmas, dari 21 kecamatan,” katanya, Rabu, (11/9/2024).

Mengapa kita harus meingkatkan status menjadi Posyandu ILP, ini karena memiliki pelayanan kesehatan unggulan mulai dari pemeriksaan kesehatan, pemantauan tumbuh kembang anak, deteksi dini risiko kesehatan, serta layanan kesehatan bagi ibu hamil dan menyusui, bahkan mencakup layanan bagi usia produktif dan lansia.

“Jadi memastikan bahwa kesehatan masyarakat terjaga dengan baik di setiap tahap kehidupan,” tambahnya.

Untuk jangka panjang pihaknya akan terus mendorong peningkatan jumlah Posyandu ILP sehingga mampu memberikan pelayanan kesehatan yang lebih maksimal di semua kalangan masyarakat.

Ia menambahkan bahwa semua ini tentunya harus melewati proses yang panjang untuk mewujudkan Posyandu ILP pelopor yang menjadi dasar menuju Pelayanan Kesehatan Hebat.

“Terintergrasinya semua pelayanan posyandu ILP, akan meningkatkan pelayan kesehatan semakin dekat dan menyelurus untuk masyarakat Ponorogo,” pungkas Sugiri Sancoko, Bupati Ponorogo. (*)