Minimnya Honor Kader Posyandu, Bupati Ponorogo akan Menaikkan Honornya

Minimnya Honor Kader Posyandu, Bupati Ponorogo akan Menaikkan Honornya

11/09/2024 0 By Hary Dekik

KOMPAS™, PONOROGO – Melihat peran kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Ponorogo yang sangat besar untuk pelayanan kesehatan dasar untuk masyarakat, Bupati Ponorogo ingij menaikkan honorariumnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Sugiri Sancoko, Bupati Ponorogo pada saat Jambore Kader Posyandu dan Kick Off Integrasi Layanan Primer si Sasana Praja Ponorogo. Dari 6.970 kader posyandu saat ini mendapat honorarium sebesar Rp. 150 ribu rupiah.

“Tambah honornya biar dirumuskan Pak Sekda selaku ketua tim anggaran,” katanya, Rabu, (11/9/2024).

Selama ini pemberian honorarium kader posyandu berasal dari Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dari masing-masing puskesmas serta sokongan Anggaran Dana Desa (ADD) atau Dana Desa (DD), dan nominalnya masih terlalu kecil untuk itu perlu tambahan.

“Besaran pemberian honorarium kader posyandu akan kita perbaiki karena pemerintah harus hadir pada posisi ini,” tambahnya.

Sementara Diah Ayu Puspitaningarti, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ponorogo menjelaskan bahwa ada sebanyak 6.970 kader yang aktif membantu penyelenggaraan 1.134 posyandu di desa-desa maupun kelurahan. Mereka setiap bulan menerima honorarium Rp 50 ribu per orang dari desa dan Rp 100 ribu dari puskesmas.

“Penyesuaian honorarium memang diperlukan, karena kita akan menggalakkan posyandu keluarga. Selama ini yang sudah berjalan adalah posyandu balita dan lansia,” katanya saat Jambore Kader Posyandu dan Kick Off Integrasi Layanan Primer bersama Bupati Ponorogo. (*)