Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pjs Bupati Ponorogo Ajak Perkuat Sinergi

Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pjs Bupati Ponorogo Ajak Perkuat Sinergi

09/10/2024 0 By Hary Dekik

KOMPAS™, PONOROGO – Hadiri sidang paripurna pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD Kabupaten Ponorogo masa jabatan 2024-2029, Joko Irianto, Penjabat sementara (Pjs) Bupati Ponorogo, mengajak DPRD untuk memperkuat sinergi demi kemajuan Ponorogo kedepan.

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa DPRD merupakan mitra kepala daerah dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, jadi antara DPRD dan kepala daerah harus adanya sinergi, sehingga penyepenggaraan pemerintah daerah lebih efektif, hal sebagaimana pada amanat UU No.23/2014.

“Checks and balances, sinergi, kolaborasi, kerja kolektif antara DPRD dan kepala daerah secara positif harus dilakukan agar respon cepat terhadap persoalan di masyarakat,” ujarnya. Selasa, (8/10/2024) malam.

Menurutnya, DPRD hadir untuk mewujudkan lembaga perwakilan yang representatif, harmonis, dan produktif. Ia berharap, nantinya para wakil rakyat bisa memperkuat fungsi DPRD, yaitu fungsi legislasi, pengawasan, dan anggaran.

Ketiganya harus bisa berjalan seiring sejalan, saling mendukung, dan saling melengkapi. Sehingga kedepan para anggota DPRD saat ini, bisa melahirkan produk-produk legislasi yang relevan dengan kepentingan jangka menengah dan jangka panjang yang berdampak positif dan membangun masyarakat Ponorogo.

“Kedepan semoga produk-produk legislasi bisa lahir memfasilitasi kepentingan masyarakat Ponorogo,” tegasnya.

Ia kembali menekankan bahwa antara eksekutif dan legislatif harus bergandengan tangan untuk bersinergi untuk menguatkan kemitraan secara intens, sehingga meningkatkan dan kualitas penyelenggaraan pemerintah lebih baik.

Serta mewujudkan pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintahan yang transparan, dan akuntabel untuk menghasilkan tata kelola pemerintahan yang baik, serta berorientasi pada pelayanan publik.

“Selamat kepada pimpinan dan anggota DPRD Ponorogo periode 2024-2029, semoga amanah dalam mengemban tugas, mari bersinergi untuk mewujudka Ponorogo lebih baik,” pungkas, Joko Irianto, Pjs Bupati Ponorogo. (Adv)