Hari Anak Nasional, Forum Desa Sukosari Tebar Benih Ikan di Sungai

Hari Anak Nasional, Forum Desa Sukosari Tebar Benih Ikan di Sungai

25/07/2021 0 By Hari Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Perayaan Hari Anak Nasional dimasa pandemi diperingati secara berbeda oleh Forum Desa Sukosari (FDS), Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. FDS mengajak anak-anak untuk menjaga habitat sungai dengan penebaran bibit ikan di Kedung Gelang.

Penebaran bibit ikan dilakukan di Kedung Gelang, karena lokasi ini merupakan salah satu spot yang paling banyak diminati oleh para pemancing dari berbagai daerah, “Makanya Peringatan Hari Anak Nasional ini, kami ingin masyarakat teredukasi untuk selalu memelihara habitat sungai sejak anak usia dini,” ungkap Sayid Asfari, Ketua FDS Babadan, Ponorogo, Minggu, (25/7/2021).

Ikan yang ditebar sekitar 500 yang ukurannya sudah sebesar 3 jari orang dewasa, terdiri dari mujair, nila, dan tawes. Ikan-ikan tersebut merupakan donasi dari Imam Subaweh, Pemilik Pemancingan Betri, Siman, Ponorogo.

Penebaran bibit ikan ini merupakan ajakan dan simbol edukasi terhadap masyarakat, kita ajak anak-anak agar nantinya bisa menumbuhkembangkan rasa mencintai lingkungan khususnya sungai sejak usia dini.

Menurut Sayid Asfari, persoalan sungai saat ini masih berkutat dengan sampah rumah tangga, seperti pampers dan plastik yang itu dapat merusak habitat ikan dan lingkungan sungai.

Pelepasan ikan dengan anak-anak semoga menjadi edukasi dan motivasi anak sejak usia dini, pelepasan bibit diharapkan menjadikan Kedung Gelang Sukosari lebih kaya akan jenis ikan dan tetap menjadi spot primadona para pemancing.

“Peringatan Hari Anak Nasional kali ini, semoga menjadi momentum perubahan untuk menambah kesadaran dalam menjaga kelestarian alam dengan kecintaan kita terhadap lingkungan,” tutup Ketua Forum Desa Sukosari, Sayid Asfari. (*)