Peduli Pemulasaran Jenazah, NU Care Pasien Covid-19 PC NU Ponorogo Gelar Pelatihan

Peduli Pemulasaran Jenazah, NU Care Pasien Covid-19 PC NU Ponorogo Gelar Pelatihan

04/08/2021 0 By Erwan Dwi Wahyunanto

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Penting dan minimnya jumlah tim pemulasaran jenazah, NU Care Pasien Covid-19 PC NU Ponorogo gelar pelatihan pemulasaran jenazah covid-19 bersama RS Muslimat Ponorogo untuk membentuk relawan pemulasaean jenazah covid-19.

“Tim relawan nantinya akan ditugaskan membantu masyarakat, serta rumah sakit dalam pemulasaran jenazah covid-19,” kata Agus Khoirul Hadi, Ketua Tim NU Care Pasien Covid-19 PC NU Ponorogo, Rabu, (4/8/2021).

Menurutnya ini merupakan panggilan kemanusiaan bagi NU untuk membantu penanganan pemulasaran jenazah, yang hari ini masih kurangnya jumlah tim pemulasaran jenasah sehingga adanya kabar keterlambatan penanganan jenazah covid-19.

Selain itu pelatihan ini juga akan membekali tim pemulasaran jenazah agar dalam pelaksanaannya sesuai dengan standart syariah.

Kepala RS Muslimat Ponorogo, Andi Nurdiana menambahkan, tenaga rumah sakit rujukan sangatlah kurang dalam menangani lonjakan angka kematian pasien covid-19, sehingga keberadaan relawan NU Care Pasien Covid-19 PC NU Ponorogo nantinya akan sangat membantu.

Pelatihan Pemulasaran Jenazah

Sementara, Fatchul Azis, Ketua PC NU Ponorogo menegaskan pelatihan ini merupakan ikhtiar NU dalam rangka membantu pasien covid-19 terutama yang meninggal dunia, dalam pelaksanaannya pun diharapkan sesuai dengan standart fiqih.

“Pemulasaran jenazah fardu kifayah yang berarti merupakan kewajiban kolektif ummat Islam, untuk itu PC NU Ponorogo menjadi pelopor penanganan jenazah covid-19 agar sesuai aturan fiqih,” tambahnya.

Integrasi gerakan PC NU Ponorogo dalam kepedulian terhadap pemulasan jenazah covid-19, ditandai dengan ditandatanganinya dalam MOU antara RS Muslimat Ponorogo dan Tim NU Care Pasien Covid-19 PC NU Ponorogo.(*)