Ponorogo Menuju Kabupaten Kreatif Bersana Kemenparekraf

Ponorogo Menuju Kabupaten Kreatif Bersana Kemenparekraf

15/04/2022 0 By Wahyudi

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Berita Acara Hasil Uji Petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif (PMK3I) resmi ditandatangani di Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo.

Acara penandatanganan PMK3I ini dihadiri langsung oleh Bunda Lisdyarita Wakil Bupati Ponorogo, tim penilai dari Kemenparekraf serta seluruh pelaku subsektoral Ponorogo mulai dari seni pertunjukan, kriya, kuliner dan lainnya.

Bunda Lisdyarita wakil Bupati Ponorogo menyampaikan terima kasih kepada tim yang sudah menyiapkan segalanya di Kabupaten Ponorogo secara maksimal.

 

“Terima kasih kepada tim penilai dari Kemenparekraf kreatif inovatif berdaya saing dan layak jual,” ucap Lisdyarita, Wakil Bupati Ponorogo, Jumat, (14/4/2022).

Dari 17 subsektoral yang dinilai, 3 diantaranya Ponorogo punya keunggulan yakni subsektoral seni pertunjukan, subsektoral kriya, dan subsektoral kuliner.

Lebih lanjut Lisdyarita mengatakan 14 subsektoral penyokong akan dikembangkan,l bersama Kemenparekraf. Hal ini sebagai persiapan satu tahun kedepan agar masuk Kabupaten Ekonomi Kreatif Indonesia dan bisa diusulkan Kemdikbud ke UNESCO.

Sementara itu Hariyanto, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif dari Kemenparekraf mengatakan bahwa uji petik dan penanda tanganan Berita Acara Hasil Uji Petik PMK3I ini menjadi langkah awal menuju Kabupaten Kreatif Indonesia, yang merupakan program strategis dalam penguatan ekonomi kreatif Indonesia.

Pihaknya juga merasa optimis Ponorogo dengan kebudayaan Reyog biarpun isunya diklaim negara lain lagi mendunia, Reyog Ponorogo adalah kebudayaan asli milik kita yang akan memicu potensi ekonomi kreatif di Ponorogo menjadi luar biasa.

“Isunya mendunia sekali, seluruh masyarakat Ponorogo tidak rela, konten kreator banyak sekali, bahkan seluruh Indonesia tidak rela,” tambahnya.

“Ponorogo memiliki kesempatan mengajukan sebagai kota kreatif dunia melalui UCCN, namun harus melalui proses dari Kemenparekraf atau endorsement yang difasilitasi oleh KNIU (Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO),” pungkas Hariyanto, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, pada acara penandatanganan berita acara Hasil Uji Petik PMK3I yang dihadiri langsung Lisdyarita Wakil Bupati Ponorogo. (*)