Grebeg Tutup Suro Ponorogo, Tradisi Pelecut Pertumbahan Ekonomi

Grebeg Tutup Suro Ponorogo, Tradisi Pelecut Pertumbahan Ekonomi

15/08/2023 0 By Hary Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Rangkaian Peringatan Grebeg Suro Ponorogo tahun 2023 ditutup dengan acara Kirab Grebeg Tutup Suro di Monumen Bantarangin, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur hadir langsung. Ia menyapa warga yang telah menunggu di sepanjang rute kirab dengan start finish di Monumen Bantarangin.

Menurutnya, proses yang panjang dalam pelestarian budaya ini mencerminkan karakter masyarakat dengan keberanian dan semangat membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

“Proses ini sebagai semangat yang mencerminkan nasionalisme, dan budaya ini harus terus dilestarikan,” katanya, Selasa (15/8/2023).

Sementara Kang Giri, Bupati Ponorogo mengatakan bahwa acara Grebeg Suro di Ponorogo memiliki dua agenda besar yaitu Grebeg Suro di awal Bulan Muharam, dan Grebeg Tutup Suro yang kita lakukan sekarang ini.

“Ini tradisi sejak dulu yang tak terpisahkan dari masyarakat Ponorogo,” katanya.

Ia menegaskan bahwa acara pelestarian budaya dan peradaban, ini berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian di wilayah tersebut.

“Budaya harus dilestarikan dengan ivent yang semarak, karena pasti memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat,” pungkas Kang Giri Bupati Ponorogo pada acara Grebeg Tutup Suro yang dihadiri Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur. (*)