Panen Pisang Cavendish, Kang Giri Tekankan Keseimbangan Barang dan Pasar

Panen Pisang Cavendish, Kang Giri Tekankan Keseimbangan Barang dan Pasar

13/10/2022 0 By Wahyudi

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Perkebunan pisang cavendish yang dikelola Kelompok Tani Wengker Bananas Ponorogo Hebat kini memasuki masa panen. Panen dilakukan secara serentak di tiga titik lokasi Desa Sedarat Kecamatan Balong, Desa Kauman Ponorogo dan Desa Turi Kecamatan Jetis. Kang Giri Bupati Ponorogo mengikuti rangkaian kegiatan panen tersebut di Desa Turi Jetis.

Koordinator petani pisang cavendish Mahendra Sumono mengungkapkan hasil panen kali ini sangat memuaskan. Di tiga titik ini saja hasil panen mencapai 2 ton.

Dibandrol harga Rp.4000/kg petani tidak perlu khawatir menjual hasil panennya. Pihaknya telah menjalin kemitraan dengan badan usaha yang mampu menampung hasil panen mereka.

“Hari ini kita panen di tiga lokasi, sekitar 1,5 sampai 2 ton, selanjutnya kita jadwalkan setip minggunya 1 sampai 2 ton kita panen, tidak ada permasalahan pemasarannya,” ungkap Mahendra Sumono, Koordinator Petani Pisang Cavendish Ponorogo, Rabu, (12/10/2022)

Sementara itu Kang Giri Bupati Ponorogo mengungkapkan rasa kegembiraan atas keberhasilan panen pisang cavendish ini. Untuk perluasan lahan bagi petani, pihaknya siap menyediakan tanah aset Pemkab. Namun dia mengingatkan agar kuantitas pisang diseimbangkan kebutuhan pasar sehingga tidak ada harga jatuh merugikan petani.

“Jika memang lebih menguntungkan, lahan padi bisa dikurangi untuk ditanami pisang cavendish, saat ini padi kita surplus 214 ton per tahun,” pungkas Kang Giri Bupati Ponorogo. (*)