Pimpin Upacara Hari Santri, Kang Giri Bupati Ponorogo: Santri Bisa Apa Saja

Pimpin Upacara Hari Santri, Kang Giri Bupati Ponorogo: Santri Bisa Apa Saja

23/10/2022 0 By Wahyudi

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Peringati Hari Santri Nasional tahun 2022, Pemkab Ponorogo melaksanakan upacara di aloon-aloon Ponorogo, Kang Giri Bupati Ponorogo bertindak sebagai pembina upacara sekaligus membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia.

Hari Santri Nasional bertema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan, upacara diikuti dari berbagai elemen termasuk para santri dari berbagai Pondok Pesantren di Ponorogo.

Kang Giri Bupati Ponorogo Hari Santri Nasional 2022

Tahun ini peserta upacara memakai sarung dan kopiah untuk laki-laki sedangkan perempuan memakai jilbab panjang dan rok layaknya santri.

Kang Giri Bupati Ponorogo mengatakan bahwa sejak ditetapkan tahun 2015 Hari Santri Nasional setiap tahun mengambil tema berbeda.

“Tema kali ini dimaksudkan santri dalam kesejahteraannya selalu aktif dalam fase kehidupan, santri siap berdarma bakti untuk bangsa dan negara,” kata Kang Giri Bupati Ponorogo, Sabtu, (22/10/2022).

Kang Giri Bupati Ponorogo Hari Santri Nasional 2022

Pemkab Ponorogo dalam peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022, menginstruksikan kepada ASN dan pelajar diwajibkan memakai sarung dan kopiah untuk laki-laki dan peremepun memakai jilbab panjang dan rok dalam waktu 9 hari.

Banyak pula digelar acara seperti Khotmil Quran, Fashion Show of Sarung, Pawai 10 ribu obor dan puncaknya Apel Besar Hari Santri Nasional 2022.

Kang Giri Bupati Ponorogo Hari Santri Nasional 2022

Lebih lanjut Kang Giri menjelaskan santri bisa menjadi apa saja, berbagai profesi namun demikian mereka mereka tidak lupa menjaga nilai-nilai agamanya.

“Agama seperti mata air yang menjadi inspirasi dan santri akan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, karena menjaga martabat kemanusiaan menjadi esensi beragama,” pungkas Kang Giri Bupati Ponorogo pada Apel Hari Santri Nasional tahun 2022. (*)