Satpol PP Ponorogo Tegas, Humanis, Persuasif dan Preventif

Satpol PP Ponorogo Tegas, Humanis, Persuasif dan Preventif

09/05/2023 0 By Hary Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Mutasi 61 pejabat di lingkungan Pemkab Ponorogo yang dilakukan oleh Bupati Ponorogo Kang Giri beberapa hari yang lalu, salah satunya adalah pergantian Kasatpol PP dan Damkar dari Joni Widarto kepada Joko Waskito. Serah terima jababat dilaksanakan pada 8 Mei 2023 di Kantor Salpol PP dan Damkar Ponorogo.

Satpol PP merupakan perangkat daerah yang dibentuk untuk menegakkan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

Ini yang nantinya membuat tugas Satpol PP itu sangat luar biasa karena bersinggungan langsung dengan masyarakat saat dilapangan.

“Yang kita hadapi di lapangan adalah masyarakat kita sendiri, kedepan kita harus tegas tapi juga harus dengan persuasif dan humanis,” kata Joko Waskito, Kasatpol PP dan Damkar Ponorogo, Selasa, (9/5/2023).

Selain itu nantinya harus ada perubahan dalam kenerja, lebih mendorong dalam mengutamakan pencegahan terhadap hal-hal yang melanggar ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Tentunya itu juga harus didukung dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga nantinya akan berimplikasi pada peningkatan kinerja aparat.

Tidak kalah penting lagi karena menyangkut semua SKPD, “Kolaborasi antara SKPD sangat diperlukan untuk peningkatan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Joko Waskito, Kasatpol PP dan Damkar Ponorogo saar serah terima jabatan. (Adv).