Hadiri HUT IBI Ponorogo, Kang Giri Apresiasi Peran Bidan

Hadiri HUT IBI Ponorogo, Kang Giri Apresiasi Peran Bidan

05/08/2023 0 By Hary Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (HUT IBI) ke 82 tahun 2023 diperingati oleh IBI Ponorogo dengan gelar seminar di Dom Unmuh Ponorogo yang turut dihadiri oleh Giri Bupati Ponorogo.

 

Bupati Ponorogo menyampaikan bahwa para bidan sangat berperan dalam penurunan angka stunting di Ponorogo sebanyak 6,8% dari tahun 2021 ke 2022. Targetnya ditahun 2023 angka stunting tinggal 7%.

“Bidan berperan besar dalam penurunan angka stunting di Ponorogo, tahun 2021 stunting 21%, tahun 2022 di angka 14,2%, dan targetnya tahun 2023 tinggal 7%,” kata Kang Giri, Bupati Ponorogo, Sabtu, (5/8/2023).

Para bidan berinteraksi langsung dengan ibu dan anak, sehingga peran dan fungsi bidan sangat membantu dalam penekanan angka stunting di Ponorogo.

 

Sementara Lis Suwarni, Ketua IBI Ponorogo menyampaikan bahwa sudah merupakan tugas dan tanggungjawabnya dalam mengedukasi ibu dalam memenuhi gizi dan kesehatan ibu dan anak.

“Kami siap mengisi kekurangan tenaga bidan di lembaga pelayanan kesehatan yang ada termasuk puskesmas,” tambahnya.

Ia menambahkan bahwa dalam kesempatan HUT IBI ke 73 tahun 2023 pihaknya mengadakan seminar dalam menambah pengetahuan para bidan di Ponorogo.

 

Untuk materi disampaikan oleh dokter Tan dengan mengambil materi mengenai pentingnya ASI bagi pertumbuhan bayi sejak dini.

“Seminar mengundang dokter Tan pakar gizi, agar penanganan kesehatan ibu dan anak, teruatama stunting dapat lebih baik lagi,” tambahnya saar acara HUT IBI yang dihadiri oleh Kang Giri, Bupati Ponorogo. (*)