One Way Ponorogo itu Ambisi atau Solusi?

One Way Ponorogo itu Ambisi atau Solusi?

16/03/2024 0 By Hary Dekik

KOMPAS™, PONOROGO – Memberikan fasilitas publik guna mendukung kelancaran aktivitas masyarakat terutama dalam peningkatan ekonomi merupakan kewajiban pemerintah. Salah satu kebijakan Bupati Ponorogo dalam mendukung itu adalah diberlakukannya one way. Dan dilain sisi DPRD Ponorogo mempertanyakan korelasi hal tersebut.

Bupati Ponorogo sebelumnya mengatakan bahwa diberlakukannya one way guna menciptakan pemerataan pusat-pusat keramaian yang ada di Ponorogo, dan mempermudah akses mengekplorasi pusat-pusat keramaian.

Sunarto, Ketua DPRD Ponorogo mengatakan bahwa setiap pembangunan tujuannya untuk peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat secara umum, seperti kebijakan diberlakukannya oney way oleh Bupati Ponorogo apakah sudah menjadi kebutuhan masyarakat luas dalam peningkatan pendapatan atau hanya sekedar memenuhi keinginan semata.

“Ini perlu kajian akademis, bukan sekedar berasumsi karena menyangkut masyarakat secara umum,” kata Sunarto, Ketua DPRD Ponorogo, Sabtu, (16/3/2024).

Menurutnya DPRD secara kelembagaan juga sudah melakukan rapat kerja dengan melibatkan stakeholder untuk hal ini, namun kebijakan one way terus dilaksanakan.

“Biarlah masyarakat yang akan menilai sebernarnya yang pro rakyat itu siapa,” katanya.

Sementara Wahyudi, Kepala Dinas Perhubungan Ponorogo mengatakan uji coba one way di pusat kota untuk beberapa ruas jalan merupakan hasil rapat dan keputusan evaluasi Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ).

Menurutnya one way di Ponorogo masih tetap berlanjut, hanya saja akan diubah arahnya. Namun untuk uji coba one way dengan arah baru masih membutuhkan persiapan seperti pemasangan rambu lalu lintas, serta menunggu kebijakan lebih lanjut dari Bupati Ponorogo. (*)