Apakah BPNT Tunai, Lebih Tepat Sasaran Tepat Manfaat dan Bersih Permainan

Apakah BPNT Tunai, Lebih Tepat Sasaran Tepat Manfaat dan Bersih Permainan

20/02/2022 0 By Wahyudi

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Bantuan Sosial atau Bansos menjadi tanggungjawab pemerintah didalam meringankan beban masyarakat miskin, apalagi dalam era pandemi. Namun terindikasi banyak kasus yang mengarah ke pidana terkait permainan kualitas barang bantuan.

Beberapa tahun ini pemerintah meningkatkan Bansos dalam penanganan pangan bagi masyarakat miskin dan atau yang terdampak pandemi seperti dengan BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai. Banyaknya kasus di berbagai daerah yang mengarah ke pidana, menjadi evaluasi tersendiri oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemsos).

Bansos non tunai terindikasi dipermainkan oleh oknum atau individu terutama dalam kualitas bantuan barang semisal beras.

Mungkin mengevaluasi permasalahan tersebut akirnya pemerintah pusat dalam hal ini adalah Kemsos akirnya memperbolehkan Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT bisa dicairkan secara tunai, dengan tetap memperhatikan ketepatan sasaran.

Seperti dilansir dari web Kemsos, Dadang Iskandar, Inspektorat Jenderal Kemensos mengatakan, “Penyaluran bansos PKH tetap tunai dan BPNT/Kartu Sembako sebagian bisa dalam bentuk tunai dan sisanya tetap sembako. Misalnya dari 6 kali salur, 4 kali tunai dan 2 kali sembako. Sehingga tidak ada pihak yang dirugikan terutama e-warung yang telah menyetok barang-barang bagi Kelompok Penerima Manfaat.

Menurut Tri Rismaharani, Mensos RI, Langkah pencairan BPNT secara tunai hal ini sebagai percepatan pencairan Bansos untuk Kelompok Penerima Manfaat.

Perubahan ini merupakan perubahan positif, selain meminimalisir kasus permainan kualitas Bansos, dimungkinkan akan memudahkan KPM didalam pengelolaan kebutuhannya, namun tinggal bagaimana para pelaku sosial mampu mengarahkan KPM selalu menggunakan uang yang diterima untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka.

Disinilah peran Pelaku Sosial, baik dari Kemsos maupun dari pihak pemerintah desa akan sangat berperan dalam pemanfaatan Bansos Tunai oleh KPM. (*)

Penulis Hary Dekik LPM Oase Nusantara Ponorogo