Bangun, Bela, Beli, dan Bangga Batik Ponorogo

Bangun, Bela, Beli, dan Bangga Batik Ponorogo

20/06/2022 0 By Wahyudi

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Kesadaran membangkitkan kembali industri batik di Ponorogo dengan gerakan Bangun, Bela, Beli, dan Bangga Batik Ponorogo terus muncul di masyarakat, baik di sekolah maupun di lingkungan yang diikuti generasi muda. Seperti yang dilakukan oleh Perkumpulan Batik Ken Dedes bekerja sama dengan Balai Pelestarian Budaya Nasional (BPBN) Jogyakarta menggelar Workshop Motif Batik Barong di Kelurahan Paju Kecamatan Ponorogo.

Wabup Lisdyarita Batik Ponorogo

Ketua Perkumpulan Batik Ken Dedes, Narwati menyampaikan tujuan diadakan Workshopnyang bekerjasama dengan Pemkab Ponorogo ini diharapakan mampu melahirkan generasi pembatik baru, kita dorong gerakan B5 yakni Bangun, Bela, Beli, dan Bangga Batik Ponorogo.

“Tujuan Workshop ini untuk melahirkan generasi pembatik serta mendorong gerakan B5, yakni Bangun, Bela, Beli, dan Bangga Batik Ponorogo,” tutur Narwati, Senin, (20/6/2022).

Wabup Lisdyarita Batik Ponorogo

Sementara itu Lisdyarita Wabup Ponorogo mengatakan workshop menjadi salah satu upaya membangkitkan kembali industri batik di Ponorogo, diharapkan generasi pembatik baru akan menjadi tulang punggung kebangkitan industri batik di Ponorogo.

“Harapannya generasi millenial bisa mengangkat kembali industri batik di Ponorogo, motif barong bisa dikreasikan lagi biar lebih tinggi nilai pasarnya, Bangun, Bela, Beli, dan Bangga Batik Ponorogo ” pungkas Wabup Lisdyarita. (*)