Grebeg Suro 2022 dan HUT 526 Ponorogo Dirancang Ekslusif dan Spektakuler

Grebeg Suro 2022 dan HUT 526 Ponorogo Dirancang Ekslusif dan Spektakuler

04/06/2022 0 By Wahyudi

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Agenda Grebeg Suro Ponorogo yang vakum 2 tahun terakir akibat pandemi. akan kembali digelar dengan acara Grebeg Suro dan HUT ke 526 Kabupaten Ponorogo. Hal tersebut merupakan hasil Rakor Kang Giri Bupati Ponorogo dengan Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga.

Grebeg Suro yang merupakan kegiatan rutin yang digelar Pemkab Ponorogo setiap tahunnya diharapkan mampu mengangkat budaya asli lokal Ponorogo sehingga dikenal secara internasional.

Sesuai dalam perencanaan acara Grebeg Suro tahun 2022 akan dilaksanakan dengan ekslusif dan spektakuler, hal ini melihat antusias dan kerinduan masyarakat terhadap gelaran Grebek Suro dan HUT ke 526 Kabupaten Ponorogo ini.

Rangkaian Grebeg Suro tahun 2022 akan dimulai tanggal 11 Juli 2022 sampai dengan tanggal 11 Agustus 2022, tetapi kegiatan lainnya sudah dimulai tanggal 24 Juni 2022 nanti.

“Grebeg Suro tahun ini akan eksklusif dan spektakuler, tapi tetap sesuai pakem karena merupakan budaya, yang tidak pakem,” kata Kang Giri Bupati Ponorogo, Sabtu, (4/6/2022).

Grebeg Suro kali ini diharapkan tonggak kebangkitan semua sektor, pariwisata, ekonomi dan UMKM. Acara ini menjadi branding kebangkitan Kabupaten Ponorogo.

Selain melibatkan pariwisata dan perekonomian Pemkab Ponorogo akan melibatkan bagian dari hoby masyarakat seperti vespa, bonsai, koi, keris, sepeda kuno, burung dan hal kreatif lainnya.

Panggung utama tidak lagi dipangung utama Aloon-Aloon Ponorogo tetapi digeser di depan gedung lantai 8 Pemkab Ponorogo

“Kita juga akan membuat video mapping guna penghormatan kepada yang punya legesi kepada Bupati Pak Markum,” tambah Kang Giri

Sementara itu Judha Slamet Sarwo Edi, Kepala Disbudparpora Kabupaten Ponorogo menyampaikan bahwa ini akan menjadi event terbesar dalam sejarah gelaran acara oleh Pemkab Ponorogo.

“Dilihat dari perncanaan event ini akan menjadi event terbesar, karena Grebeg Suro tahun 2022 bersamaan HUT ke 526 Kabupaten Ponorogo, nantinya tiap hari ada event menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Ponorogo,” pungkasnya. (*)