Kalendar Wisata Ponorogo 2023, Menuju Ponorogo Kota Wisata

Kalendar Wisata Ponorogo 2023, Menuju Ponorogo Kota Wisata

14/02/2023 0 By Hary Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Kota Reyog Ponorogo dalam kalender wisata tahun 2023 menyiapkan 62 event yang telah diluncurkan secara resmi oleh Kang Giri Bupati Ponorogo.

“Lewat kalender wisata 2023 ini, kita akan menggaet wisatawan untuk datang ke Ponorogo,” kata Kang Giri, Bupati Ponorogo, Senin (13/2/2023).

Ia mengatakan bahwa puluhan event tersebut akan diwarnai dengan berbagai festival, atraksi serta pertunjukan seni maupun budaya yang sangat menarik untuk disaksikan, sehingga menarik para wisatawan berkunjung ke Ponorogo

“Tentunya Festival Reyog Nasional, tetap dipertahankan, karena merupakan ivent tahunan,” tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa kalender wisata 2023 Ponorogo tersebut juga terintegrasi dengan destinasi-destinasi wisata yang ada di pedesaan.

“62 event belum semuanya, karena event-event adat budaya yang ada di desa-desa belum semuanya dimasukkan. Karena saat ini banyak destinasi wisata di desa-desa yang sedang menggeliat dan menjadi trend publik.

Ivent nantinya tidak hanya digelar oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), namun ada agenda wisata Desa yang dimasukkan sebagai wisata penyangga.

Kang Giri berharap dengan melaunching 62 event andalan tersebut semua pelaku pariwisata di Ponorogo menyesuaikan dan mendukung ivent tersebut.

“Ponorogo kota wisata, merupakan titik targetnya dan itu tidak sederhana, semuanya harus terlibat,” tegasnya.

Adapun event yang termasuk dalam 62 event dalam kalender wisata Ponorogo 2023 antara lain HOScestra, Ngebel Accoustic, Grebeg Suro, Festival Reyog Nasional, Kirab Pusaka, Larungan Telaga Ngebel, Festival Reog Remaja, Hari Jadi Ponorogo, Konser Kreatif, dan Kilau Raya MNC.

Judha Slamet Sarwo Edi, Kepala Disbudparpora Ponorogo Judha Slamet menambahkan, selain launching kalender wisata Ponorogo yang digelar mulai Januari hingga Desember 2023, pihaknya juga melaunching aplikasi Ponorogo Tourism.

“Aplikasi ini diharapkan masyarakat akan terbantu terkait event wisata dan kepariwisataan di Ponorogo,” katanya saat Launching Kalender Wisata Ponorogo bersama Kang Giri Bupati Ponorogo. (*)