Lepas Defile, Kang Giri Bupati Ponorogo: Pramuka Nasionalis Menjaga NKRI

Lepas Defile, Kang Giri Bupati Ponorogo: Pramuka Nasionalis Menjaga NKRI

15/08/2023 0 By Hary Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Kang Giri Bupati Ponoeogo yang sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Ponorogo, melepas peserta defile barisan dalam peringatan Hari Pramuka.

Lomba pionering, formasi defile baringan digelar oleh Pramukan Kwartir Cabang Ponorogo diadakan dalam rangkaian peringatan Hari Pramuka ke 62.

Sedikitnya ada 27 perwakilan Gugus Depan (Gudep) Pramuka Penggalang dan Penegak di Ponorogo mengikuti lomba tersebut.

Peserta berlomba menampilkan kemahiran merangkai tongkat dan tali dan formasi barisan. Setelah itu, peserta berdefile dengan start dari Paseban Alun-Alun Ponorogo menunu Jalan Yos Sudarso, Jalan Ahmad Yani, Jalan Kumbokarno, Jalan Gajah Mada, Jalan Jenderal Sudirman, dan finis di Jalan Aloon-Aloon Selatan.

Kang Giri, Bupati Ponorogo yang melepas defile barisan Pramuka mengatakan bahwa anggota Pramuka memiliki bekal cukup dari sisi pendidikan, karakter, kepekaan sosial, dan pengalaman berorganisasi.

Anggota Pramuka juga digembleng untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta mencintai Bendera Merah Putih dan Dasar Negara Pancasila.

‘’Generasi muda mutlak harus semakin cinta Indonesia,” katanya, Senin, (14/8/2023).

Sementara Sumani, Ketia Harian Kwarcab Pramuka Ponorogo mengatakan bahwa harapannya kepada pemerintah agar memberi perhatian lebih serius kepada organisasi kepanduan, dikarenakan ikut andil membentuk mental kepemimpinan generasi muda, “Untuk menciptakan generasi dengan Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional,” pungkasnya saat kegiatan lomba peringatan Hari Pramuka yang dihadiri oleh Kang Giri Bupati Ponorogo. (*)