PD MES Ponorogo, Sukses Gelar Sekolah Pasar Modal Syariah

PD MES Ponorogo, Sukses Gelar Sekolah Pasar Modal Syariah

01/11/2023 0 By Hary Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Pungurus Daerah Masyarakat Ekonomi Syariah (PD MES) Ponorogo sukses menggelar Sekolah Pasar Modal Syariah pada Selasa, 31 Oktober 2023 bertempat di Aula Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Kampus 2 IAIN Ponorogo.

Sekolah kali ini mengetengahkan tema, ‘Waspada Investasi Bodong, Kenali Investasi yang Halal dan Legal’, menghadirkan narasumber Wildan Syuruq dari Bursa Efek Indonesia, dan Danang Adi Irawan dari BNI Sekuritas.

Peserta dibuka secara umum melalui pendaftaran di website ada 112 peserta dari berbagai kalangan via pendaftaran ini. Selain itu juga ada peserta undangan dari organisasi yang ada di Ponorogo, seperti Ansor, Fatayat NU, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, PMII, IPNU dan organisasi aktif lainnya.

Miftahul Huda, Ketua Umum PD MES Ponorogo, menyampaikan bahwa peluang berkembangnya pasar modal syariah ini sangatlah besar, banyak anak muda millennial yang harus belajar banyak mengenai dunia pasar modal Syariah. Menurutnya sekarang harus sadar bagaimana peran dunia investasi dalam pengembangan dunia ekonomi.

“Sekarang serba membutuhkan modal untuk pengembangan perekonomian, dan jika bisa yang Syariah, kenapa engga,” katanya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bahwa sebagai umat muslim, semua aktivitas muamalah sudah sewajibnya sesuai dengan kaidah syariah yang telah ditetapkan, Masyarakat Ekonomi Syariah ini semoga bisa menjadi poros pengembangan kegiatan-kegiatan ekonomi berbasiskan syariah dan mampu memberikan kebutuhan edukasi bagi pelaku usaha di dunia ekonomi.

Sementara itu, Lutfi Hadi Aminuddin, selaku Dewan Pakar MES Ponorogo, menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya sekolah ini adalah untuk mendorong kegiatan-kegiatan ekonomi Syariah di ponorogo melalui salah satunya Pasar Modal Syariah.

Kegiatan literasi seperti ini, patut sekali dilaksanakan secara rutin untuk menambah kapasitas dan pemahamana mengenai dunia investasi, khususnya yang Syariah. “PD MES Ponorogo walau belum dilantik sudah bisa menyelenggarakn kegiatan yang luarbiasa ini,” ujarnya

Salah satu narasumber, Wildan Syuruq menjelaskan tentang sistem kerja dan cara mengenali pasar modal Syariah yang halal dan legal. Kita harus paham konsep dalam jual beli yang sah, dimana sesuai hukum muamalah ada penjual, ada pembeli dan ada barang yang diperjual belikan, dan tempat yang biasa menjalankan aktivitas itu adalah pasar atau platfrom.

Ia memberikan kunci menentukan platform yang aman dan juga telah banyak penggunanya. Kunci aman kita mementukan palatform adalah mempelajari dasar kelengkapan perangkat platform seperti izin dan dalam pengawasan pemerintah, respon pengguna dan juga yang jelas saham yang diperjualbelikan.

Narasumber lainnya, Danang Adi Irawan menjelaskan bagaimana cara membuka akun untuk Pasar Modal Syariah yang dirasa sangat mudah. Persiapakan kebutuhan data diri seperti Kartu Tanda Penduduk dan Nomer Telpon yang bisa dihubungi, kemudian bisa didaftarkan melalui website atau dibantu oleh petugas BNI Sekuritas.

Ia menambahkan bahwa manfaat kita paham dalam dunia pasar modal syariah adalah banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika kita melakukan investasi, “Ini sangat bermanfaat dalama jangka Panjang, mungkin tidak langsung bisa terasa, tapi ketika kita paham ilmu dan bagaimana kita memperguankanya, tentu ini akan jauh lebih besar manfaatnya,” tegasnya.

Pihak panitia, Aji Binawan Putra, selaku ketua Panitia sekolah Pasar Modal Syariah oleh PD MES Ponorogo berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini akan semakin meluasnya edukasi Pasar Modal Syariah khusunya dan penyebarluasan literasi syariah dalam segala lini dunia perekonomian di ponorogo, dengan tersampaikanya dorongan aktivitas ekonomi syariah bagi masyarakat ponorogo. “Semoga taraf ekonomi di ponorogo bisa meningkat dan lebih baik lagi.” pungkasnya. (*)