14 Duta Kesenian Diberangkat Kang Giri Bupati Ponorogo untuk Misi Kebudayaan ke Eropa

14 Duta Kesenian Diberangkat Kang Giri Bupati Ponorogo untuk Misi Kebudayaan ke Eropa

07/09/2022 0 By Wahyudi

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Membuka mata dunia akan Seni Reyog Ponorogo, Bupati Ponorogo Kang Giri memberangkatkan 14 dita seni Reyog Ponorogo ke Eropa. Pemberangkatan ditandai dengan memecahkan kendi di depan Paseban Jalan Aloon-aloon Utara Kabupaten Ponorogo.

Setelah tampil di Istana Merdeka, Reyog Ponorogo kini melanglang buana. Kontingen yang terdiri 14 duta kesenian Reyog diberangkatkan Bupati Ponorogo Kang Giri untuk misi kebudayaan ke Belanda, Belgia, Jerman, dan Prancis.

Duta Kesenian Reyog Ponorogo Bupati Kang Giri

“Tampil secara total di empat negara Eropa untuk membuka mata dunia bahwa Reyog Ponorogo layak sebagai warisan budaya tak benda yang terdaftar di UNESCO,’’ kata Kang Giri Bupati Ponorogo, Rabu, (7/9/2022)

Menurut Kang Giri, Reyog Ponorogo sejak lama sering diundang untuk unjuk muka di sejumlah event internasional. Kali ini berbeda karena Pemkab Ponorogo sengaja mengirim rombongan seniman tanpa ada pejabat yang mendampingi.

“Ini murni pekerjaan seni. Saya juga tidak ikut karena ada hal penting lainnya yang harus dikerjakan di Ponorogo,’’ tambahnya.

Kang Giri mengungkapkan, 14 seniman reyog yang melakukan lawatan muhibah ke Eropa itu memiliki keahlian lebih. Mereka adalah perwakilan dari sejumlah sanggar tari yang ada di Ponorogo. Bahkan, masing-masing mampu menarikan berbagai tokoh kesenian reyog sekaligus memainkan alat musiknya.

“Multi talenta, mereka adalah para duta kesenian yang akan tampil habis-habisan demi mengharumkan nama Ponorogo di kancah dunia,’’ ungkapnya.

Duta Kesenian Reyog Ponorogo Bupati Kang Giri

Bersamaan itu, kontingen Reyog juga ikut memamerkan beragam produk asli Ponorogo. Mulai batik hingga hasil kerajinan tangan lainnya. Pameran produk akan menyertai setiap pementasan reyog di empat negara belahan Eropa itu.

“Selain ada pentas kesenian, di sana ada forum bisnis, untuk itu kita memberangkatkan 14 duta kesenian Reyog Ponorogo dan produk lokal Ponorogo,’’ pungkas Kang Giri Bupati Ponorogo.