Wisuda 1.858 Tahfidz, Kang Giri Bupati Ponorogo Mimpikan Kota Santri yang Keren

Wisuda 1.858 Tahfidz, Kang Giri Bupati Ponorogo Mimpikan Kota Santri yang Keren

02/03/2023 0 By Hary Dekik

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Kang Giri Bupati Ponorogo wisuda 1.858 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang lulus di Program Tahfidz Al-Quran yang dicanangkan Pemkab Ponorogo.

Peserta yang diwisuda dalam program ini ada 1.858 dengan rincian 1.697 siswa yang hafal 1 juz, 66 siswa hafal 2 juz, 21 siswa hafal 3 juz, 21 siswa hafal 4 juz, dan sisanya hafal 5 juz lebih.

 

Kang Giri Bupati Ponorogo mengatakan kepada KOMPAS Nusantara, bahwa ribuan Tahfidz ini merupakan bukti keberhasilan sekolah dalam melakukan penguatan pendidikan berkarakter.

“Ini merupakan program kami, mimpi besar menjadikan Ponorogo kota santri yang keren,” ungkap Kang Giri, Bupati Ponorogo, Kamis, (2/3/2023).

Nurhadi Hanuri, Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo mengatakan bahwa Progran Tahfidz Al-Quran merupakan wujud dari pelaksanaan Perbup nomor 37 tahun 2022, tentang Penguatan Pendidikan Karakter Keagamaan.

Pelaksanaan penerapan Penguatan Pendidikan Berkarakter yang termaktub di Perbup nomor 37 tahun 2022 tersebut wajib dijalankan oleh seluruh SMP di Ponorogo baik sekolah negeri maupun swasta.

Seperti Program Tahfidz Al-Quran pada awalnya sulit dilaksanakan karena tidak semua siswa memepelajari Al-Quran, namun sekarang sudah berjalan dengan baik.

“Menjadikan anak yang sukses atas dasar keimanan dan ketagwaan kepada Allah SWT dengan cinta Al-Quran akan terbentuk hati nurani yang bersih dan mudah belajar,” tutup Nurhadi Nurani saat acara wisuda Tahfidz bersama Kang Giri Bupati Ponorogo. (Adv).