Bupati Ponorogo Apresiasi Ngrukem Menuju Sejahtera dengan Sampah

Bupati Ponorogo Apresiasi Ngrukem Menuju Sejahtera dengan Sampah

06/02/2022 0 By Wahyudi

KOMPASNUSANTARA, PONOROGO – Program pengelolaan sampah berbasis ekonomi dan edukasi, di Desa Ngrukem Kecamatan Mlarak, mendapat apresiasi dari Kang Giri, Bupati Ponorogo, saat melaunching langsung program pengelolaan sampah berbasis ekonomi dan edukasi, ‘Mengubah Sampah Menjadi Emas.’

Kang Giri sangat bersyukur bahwa di Desa Ngrukem ada kesadaran luar biasa untuk pengelolaan sampah yang ada disekitarnya. Saat ini ada anggaran 10 juta per RT pertahun dan ini bisa dipakai sebagian untuk pengolahan sampah.

Ngrukem Ponorogo Menuju Sejahtera

“Ngrukem jos untuk pengelolaan sampah berhenti di hulu, bisa diterapkan ditempat lain,” kata Kang Giri Bupati Ponorogo, Minggu, (6/2/2022).

Lebih lanjut Kang Giri menyampaikan bahwa anggaran RT yang 10 juta setahun itu sebagian bisa digunakan untuk pengelolaan sampah dilingkungan terkecil, sehingga permasalahan sampah tidak hanya dihilir saja tapi juga dihulu dapat terselesaikan.

“Mari kita selesaikan permasalahan sampah dihulu, ada anggaran 1 juta dari anggaran RT 10 juta tersebut untuk membangkitkan semangat gotong royong di masyarakat dalam pengelolaan sampah,” tambahnya.

Ngrukem Ponorogo Menuju Sejahtera

Sementara itu Rido Kurnianto, Ketua Program pengelolaan sampah berbasis ekonomi dan edukasi menjelaskan saat ini ada 48 KK yang menjalankan sebagai pilot project, kedepannya dengan keberhasilan ini menyeluruh di Desa Ngrukem.

“Kami juga bekerja sama dengan rekanan yaitu satu pengusaha rosok dan KUD Mlarak, untuk tabungan, si Mesra (Menuju Sejahtera) dari hasil sampah, inilah yang menjadikan sampah menjadi emas, terimakasih kepada Bupati Ponorogo yang menyuport Dana RT” pungkasnya. (*)